Cara Uninstall Chromium Malware Permanen Dijamin Berhasil

Cara Uninstall Chromium Malware Permanen Dijamin Berhasil

Beberapa aplikasi biasanya hadir dengan aplikasi bawaan lainnya, sehingga tanpa sadar kamu menginstal aplikasi bawaan itu secara otomatis. Chromium browser adalah salah satu aplikasi bawaan yang sering tiba-tiba muncul di PC. Lalu bagaimana cara uninstall Chromium?

Sebenarnya menghapus Chromium browser itu tidak sulit, sama seperti uninstall aplikasi lain di PC kamu. Namun, memang ada beberapa laporan yang menyatakan kalau meskipun sudah di-uninstall Chromium masih ada bahkan aktif dengan sendiri.

Hal yang paling membuat kamu kesal mungkin adalah performa PC yang semakin lambat karena adanya aplikasi tersebut. Apabila kamu menghadapi masalah dengan Chromium yang tidak bisa dihapus, langkah-langkah di bawah ini bisa kamu jadikan panduan.

Tapi sebelum lanjut ke langkah-langkah membersihkan program yang satu ini dari komputer kamu, ada baiknya kamu berkenalan dengan Chromium dulu.

Mengenal Chromium Browser

Mengenal Chromium Browser

Sebenarnya, apa itu Chromium? Chromium adalah aplikasi berbasis open source, sama seperti Google Chrome, Microsoft Edge, dan browser lainnya. Karena berbasis open source, siapa saja bisa memodifikasi kode-kodenya.

Hal tersebut juga memungkinkan para developer membuat browser baru dengan menggunakan kode Chromium sebagai landasan; Google Chrome adalah salah satu browser yang menggunakan kode Chromium sebagai dasarnya.

Fungsi Chromium adalah untuk menjelajahi web, seperti peramban lainnya. Sebagai aplikasi biasa, Chromium sebenarnya bukan virus atau aplikasi jahat lainnya. Namun, sayangnya oknum tak bertanggung jawab seringkali memasukkan virus ke dalam kode sumbernya.

Hal tersebut membuat browser ini seolah-olah adalah virus tidak diundang. Padahal kalau kamu mengunduh aplikasi ini dari website resminya, kamu bisa uninstall dengan mudah.

Cara uninstall Chromium untuk semua Windows

Jika kamu kesulitan menghapus browser yang tampilannya mirip Google Chrome ini, ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Jika Chromium tetap bandel, mungkin aplikasi tersebut sudah tersisipi virus.

Langkah 1 – Uninstall Chromium Melalui Control Panel

Cara uninstall app Chromium yang paling mudah adalah melalui Control Panel. Selama aplikasi ini bukan malware atau virus lainnya, kamu tidak akan kesulitan menghapus Chromium dari PC kamu.

Tapi bagaimana kalau aplikasi ini masih muncul setelah reboot? Kamu sepertinya harus sign up untuk antivirus yang lebih kuat, deh.

Untuk menghapusnya melalui Control Panel, kamu bisa menjalankan langkah-langkah berikut:

  • Pertama-tama, kamu bisa masuk ke jendela “Control Panel”. Windows menyediakan fitur ini untuk melakukan personalisasi PC kamu.

jendela “Control Panel

  • Kemudian, kamu bisa mengakses menu “Programs” atau langsung klik “Uninstall a Program”. Kamu akan melihat daftar aplikasi yang terpasang di komputer atau laptop, termasuk Chromium.
Baca Juga:  Cara Menghilangkan Watermark Filmora Paling Aman

Uninstall a Program

  • Di tahap ini, kamu bisa mencari Chromium dari daftar aplikasi yang terdapat di layar komputer. Apabila sudah ketemu, klik kanan dan pilih “Uninstall”. Jangan lupa untuk mengkonfirmasi pilihanmu dengan klik “Yes”.

Uninstall

  • Selesai, kamu telah meng-uninstall Chromium dari komputer dengan sukses.

Seperti penjelasan sebelumnya, langkah-langkah di atas sangat manjur untuk menghapus Chromium di komputermu dengan catatan bahwa tidak ada virus di dalamnya.

Namun apabila aplikasi yang satu ini masih membandel, kamu bisa proses ke langkah berikutnya.

Langkah 2 – Menghapus Chromium melalui Local Disc

Menghapus Chromium melalui Local Disc

Apabila cara menghapus Chromium permanen yang sebelumnya tidak berlaku di kasus yang kamu hadapi, kamu bisa langsung mendatangi sumbernya yang ada di Local Disc C.

Mengingat Windows memiliki sistem anti-malware yang tidak main-main, kamu harus berusaha dulu untuk menemukan file Chromium di Local Disc. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyalakan fitur hidden file dulu. Setelahnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Apabila kamu sudah mencoba langkah pertama dan masih belum berhasil, sekarang kamu bisa mengakses Windows Explorer dan langsung masuk Local Disc C.
  • Kemudian, masuk folder Users dan lanjutkan ke User – App Data – Local. Di folder tersebut kamu akan menemukan Chromium; folder ini harus kamu hapus.
  • Setelahnya, kamu hanya perlu menghapus folder ini secara permanen dengan menekan Shift + Delete, lalu OK.

Biasanya langkah di atas sudah cukup untuk melenyapkan Chromium secara permanen. Cara menghapus Chromium di Windows 10 ini juga bisa kamu terapkan di Windows 7, 8, maupun Windows XP.

Agar kamu tidak berurusan lagi dengan aplikasi yang sudah tersisipi malware atau virus, kamu bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 3 – Menghapus Chromium melalui Registry Editor

Mengingat Registry Editor adalah akar dari semua aplikasi yang terpasang di komputermu, langkah berikut ini akan memastikan apakah aplikasi tersebut berhasil terhapus. Langkah yang satu ini lebih rumit dari sebelumnya.

  • Pertama, kamu harus membuka jendela Registry Editor dengan mengetikkan “regedit” di kolom Search, lalu pilih “run as administrator”.

regedit

  • Apabila kamu sudah masuk ke jendela Registry Editor, kamu bisa menemukan folder yang kamu cari dengan menekan Ctrl+F dan ketikkan “Chromium”.

jendela Registry Editor

  • Setelahnya, kamu akan menemukan folder Chromium di layar komputer. Di tahap ini, kamu harus menghapus semua file secara manual dengan cara klik kiri dan pilih “Delete”.

menghapus semua file secara manual

Apabila kamu sudah melewati langkah-langkah cara menghapus Chromium di atas, bisa dipastikan kalau aplikasi tersebut tidak akan muncul lagi. Dan jika aplikasi tersebut mengandung virus dan malware, keduanya juga sudah ikut terhapus.

Alternatif menghapus Chromium yang membandel

Sebenarnya, langkah-langkah di atas sudah cukup powerful untuk menghilangkan Chromium dari komputer kamu. Namun kamu juga bisa mencoba aplikasi dari pihak ketiga untuk mempersingkat proses.

Tidak hanya Chromium, beberapa aplikasi di bawah ini bisa juga menghapus aplikasi lain yang tidak kamu inginkan.

Revo Uninstaller

Revo Uninstaller adalah aplikasi pihak ketiga yang cukup populer untuk kamu gunakan menghapus aplikasi bandel. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis maupun mencoba layanannya yang berbayar.

Baca Juga:  Kelebihan Yang Ada Di Android 5.1 (Lollipop)

Geek Uninstaller

Aplikasi berikutnya adalah Geek Uninstaller. Untuk yang satu ini kamu bisa menikmatinya secara gratis maupun berbayar. Karena aplikasinya portable, Geek Uninstaller cukup ringan untuk komputer kamu.

Kenapa Chromium muncul di komputer kamu?

Tentu saja aplikasi ini tidak tahu-tahu muncul apabila tidak diundang. Namun seringkali kamu tidak sadar telah mengundang malware melalui aplikasi ini ke komputer kamu.

Seperti penjelasan di atas, Chromium bukanlah ancaman kalau kamu mengunduhnya dari situs resmi. Namun, jika aplikasi ini muncul tanpa persetujuanmu, bisa jadi ini adalah virus.

Komputer akan kedatangan malware Chromium melalui aplikasi dan software yang tidak resmi. Oleh karena itu, lebih baik kamu hanya mengunduh dan install program yang sudah jelas latar belakangnya. Bahkan kalau perlu kamu bisa memasang lebih dari satu lapis perlindungan anti-virus untuk memastikan keamanan.

Cara menghapus Chromium Windows 10 di atas juga berlaku untuk seri Windows lainnya. Mungkin beberapa tampilan terlihat agak berbeda, namun pada dasarnya menggunakan langkah-langkah yang sama. Kamu juga bisa menggunakan cara tersebut untuk menghapus aplikasi lain yang tidak kamu inginkan.

Baca juga : 7 Laptop 6 Jutaan yang Andal untuk Game & Desain

Selalu download dari situs resmi

Masalahmu akan bertambah besar ketika virus dan malware menyusup ke komputermu. Selain membuat kinerja komputer menjadi lebih lambat, data-data yang menyangkut privasi rentan terkena retas. Kamu juga semakin was-was melakukan transaksi menggunakan komputer.

Seperti penjelasan di atas, virus dan malware maupun ancaman lain tidak akan datang jika kamu hanya mengunjungi situs-situs terpercaya. Meskipun kamu bisa meminimalkan ancaman virus dan malware, bukankah lebih baik kamu menghindarinya?

Setelah membaca bagaimana cara uninstall Chromium di atas semoga kamu tidak panik lagi, ya. Dan jangan lupa untuk memasang antivirus yang akan melindungi komputermu dari serangan tak kasat mata.

Bagaimana menurutmu cara uninstall Chromium browser di atas? Mudah, kan?

Info Lainnya
Cari Tahu Cara Serlok yang Mudah dan Akurat dari Handphone
Cari Tahu Cara Serlok yang Mudah dan Akurat dari Handphone

Apakah kamu sedang berada di suatu tempat dan ingin mengajak teman untuk mengunjungimu? Jika iya, maka kamu harus tahu cara Baca lebih lajut

Cara Transfer Pulsa Smartfren Gak Pakai Ribet!
Cara Transfer Pulsa Smartfren Gak Pakai Ribet!

Jika kamu ingin mencari tahu cara transfer pulsa Smartfren, kamu berada di tempat yang tepat. Transfer pulsa dapat memudahkan pengisian Baca lebih lajut

Cara Memotong Lagu dengan Aplikasi dan Online Gratis
Cara Memotong Lagu dengan Aplikasi dan Online Gratis

Saat ini ada berbagai cara memotong lagu yang tidak ribet dan gratis yang bisa kamu coba. Apalagi untuk seorang content Baca lebih lajut

Cara Buat Link WhatsApp Mudah Langsung Chat
Cara Buat Link WhatsApp Mudah Langsung Chat

Sebagai seseorang yang menggunakan media sosial untuk berjualan atau bertukar informasi, kamu perlu tahu, lho, cara buat link WhatsApp yang Baca lebih lajut