Ukuran Thumbnail Youtube dan 5+ Trik Membuatnya Banyak Dilirik

Ukuran Thumbnail Youtube dan 5+ Trik Membuatnya Banyak Dilirik

Banyak yang menyepelekan ukuran thumbnail Youtube beserta kontennya. Padahal, keberadaannya sangat penting untuk mendorong tingginya traffic suatu konten.

Coba Anda posisikan diri Anda sebagai orang yang mencari video di Youtube lalu menyaksikan deretan video rekomendasi dari Youtube.

Faktor apa yang membuat Anda mau memilihnya?

video rekomendasi dari Youtube

Thumbnail pasti menjadi faktor penentu kan?

Meskipun Anda mungkin mempertimbangkan jumlah tayangan dan waktu upload, posisi thumbnail pasti jadi perhitungan.

Maka memperhitungkan dengan cermat ukuran, poin, serta desain untuk thumbnail perlu jadi perhatian Anda jika serius untuk bisa bersaing di Youtube.

Untungnya, kini Anda datang ke tempat yang tepat. Kami akan membantu Anda untuk urusan ini.

Fungsi thumbnail di Youtube

Secara logis, thumbnail memiliki beberapa fungsi strategis. Terutama dalam kaitan Anda sebagai Youtuber yang ingin menjadikan trafik organik sebagai sumber tayangan.

Kami setidaknya meringkasnya dalam dua poin tentang hal ini.

Mendeskripsikan gambaran konten secara visual

Setiap user Youtube pasti punya tujuan ketika mereka mengetikan kata kunci tertentu di kolom pencarian.

Katakanlah ketika mereka mengetikkan ‘Cepat kaya dalam 1 bulan’, user tersebut pasti berharap dapat jawaban tentang cara cepat kaya.

Ketika Youtube merekomendasikan daftar video terkait kata kunci tersebut, user akan mencari mana yang akan menjawab persoalannya. Maka konten dengan thumbnail paling dekat dengan maksudnya berpotensi lebih tinggi ia jadikan pilihan.

Membuat user tertarik dan bersemangat

Ketika semua thumbnail -baik Anda maupun kompetitor- mencerminkan deskripsi yang tepat, Anda perlu menciptakan diferensiasi.

Pada titik inilah thumbnail dengan level keunikan dan daya tarik di atas rata rata berfungsi untuk lebih banyak mendapatkan tayangan. Imbasnya, traffic nya pasti lebih besar ketimbang video lain dengan konten dan deskripsi serupa.

Ukuran thumbnail Youtube yang tepat

Kreasi thumbnail Anda yang sudah bagus bisa jadi gagal jika ukuran yang Anda gunakan salah. Dampaknya, mungkin gambar yang terlihat kurang sempurna, baik terpotong maupun kelihatan agak buram.

Makanya, sebelum Anda menggunakan thumbnail yang sudah Anda buat, sebaiknya pastikan ukurannya sudah sesuai.

Lalu, berapa ukuran thumbnail Youtube?

Berdasarkan penjelasan langsung dari Youtube, berikut rinciannya:

  • Ukuran resolusi : 1280 x 720 piksel
  • Ukuran lebar: Minimal 640 piksel
  • Aspect ratio: Skala 16 : 9
  • Ukuran file : Maksimal 2 Megabytes

Adapun jika Anda memerlukan ukuran thumbnail Youtube cm (centi meter), maka yang terpenting adalah memastikan tetap sesuai dengan aspect ratio-nya. Adapun batasan minimal dan maksimal jika dikonversi dalam cm adalah:

  • Batas minimal : 9,52 x 16,93 centimeter
  • Batas maksimal : 19,05 x 33,86 centimeter

Sementara untuk formatnya, Youtube membatasi pada file berikut ini:

  • JPG
  • GIF
  • BMP
  • PNG

Jadi, kalau sebelumnya Anda sudah membuat ukuran thumbnail di Photoshop, CorelDraw, maupun lainnya, pastikan bahwa file tersimpan dengan format di atas.

Hal ini juga berlaku jika Anda melakukan setting ukuran thumbnail di Canva atau aplikasi editing gambar online lainnya. Pastikan format filenya tepat.

Jika tidak memenuhinya, Anda tak bisa mengunggahnya.

Trik membuat thumbnail Youtube menarik dan banyak dilirik

Anda sudah pernah membuat berapa thumbnail? Kira kira sudah bagus dan berpengaruh belum?

Apabila kenyataannya belum sesuai harapan, Anda bisa mencoba 10 saran yang kami bagikan berikut ini. Cek satu per satu, yuk!

Baca juga : Teruji! Ini 7 Cara Kompres Foto Tanpa Khawatir Gambar Blur

#1. Gunakan gambar berkualitas

Secara template, Youtube akan menyarankan beberapa screenshot dari video Anda untuk dijadikan thumbnail. Anda juga bisa memilihnya sendiri.

Hal ini akan jadi buruk jika kualitas video Anda jelek. Maka Anda memang benar benar perlu menyisipkan gambar di luar konten video.

Bila kesulitan mencari gambar, Anda bisa coba kunjungi beberapa situs stok gambar no copyright sebagai bahan. Banyak kok yang gratisan tapi bagus, contohnya:

#2. Sertakan title text dalam thumbnail

Memang benar, di samping thumbnail, judul sudah pasti akan Youtube tampilkan di daftar hasil penelusurannya. Namun, menambahkan title text di dalam thumbnail bukanlah hal sia sia.

Trik ini tak melulu berarti ada menyalin utuh judul ke dalam title text. Anda bisa saja menarik inti menarik untuk Anda taruh di thumbnail.

Sebagai gambaran, Anda dapat perhatikan thumbnail ini:

title text dalam thumbnail

Antara judul title text di thumbnail dengan judul videonya berbeda kan? Hal di atas bisa saja Anda lakukan untuk meningkatkan daya tarik.

#3. Menggunakan angka dalam thumbnail

Untuk membuat viewers lebih semangat datang, Anda juga bisa menambahkan angka dalam thumbnail. Keberadaannya akan memicu semangat berlebih orang untuk menonton video Anda.

Beberapa konten video dengan penggunaan angka yang kami temukan di daftar penelusuran memiliki traffic yang bagus dan mampu bersaing.

Coba lihat, mana video yang paling tinggi konversi trafficnya di daftar penelusuran ini?

Menggunakan angka dalam thumbnail

Angka lebih mudah memvisualisasikan konsep ke dalam kepala manusia. Dengan demikian, thumbnail bisa terlihat lebih menarik namun tetap logis ketika user melihatnya.

#4. Memberikan kontras

Dalam sudut pandang desain, kontras itu sangat penting dalam sebuah gambar. Apalagi jika Anda memadukan antara gambar dengan teks judul, maka posisinya menjadi lebih penting lagi.

Dengan kontras yang baik, gambar dan judul akan sama sama menonjol dan sampai maksudnya. Sebaliknya, kontras yang buruk akan mengorbankan salah satu di antara judul dan gambar.

Memberikan kontras

Maka, penting juga untuk belajar cara memadukan warna. Minimalnya untuk level dasar.

#5. Menyisipkan logo atau ciri tertentu

Poin kelima ini bisa Anda anggap penting jika Anda ingin popularitas channel sama tingginya dengan konten. Abaikan poin ini jika Anda pikir hal itu tak penting.

Coba Anda lihat pekerjaan salah seorang ahli digital marketing bernama Neil Patel ini.

Menyisipkan logo

Ia menciptakan kombinasi yang konsisten untuk setiap kontennya. Mulai dari pilihan warna, jenis huruf, hingga sosok manisnya yang selalu muncul dalam thumbnail.

Percayalah, sebagai pakar SEO, ia tak sembarangan ketika memutuskan melakukan hal tersebut. Pasti ada motif demi meningkatkan trafik yang diharapkan.

Anda bisa mencoba untuk ikuti jejaknya tentu saja.

#6. Analisis kompetitor

Saran terakhir yang bisa kami berikan adalah lakukan analisis terhadap kompetitor Anda. Terutama, channel mereka yang paling berjaya di niche garapan Anda.

Bagaimanapun, mereka adalah contoh terbaik dalam upayanya meningkatkan traffic.

Harus Anda ketahui, setiap niche mungkin memiliki karakteristiknya tersendiri.  Kelima trik kami sebelumnya adalah trik umum yang berlaku untuk semua niche.

Jadi, Anda harus tetap mencari insight lain yang secara spesifik berhubungan dengan topik garapan Anda.

Perhatikan bagaimana mereka membuat thumbnail? Video mana saja dari channel mereka yang mendapatkan jumlah tayangan tinggi?

 

Baca juga : Panduan Aspect Ratio & Ukuran Instagram Feed, Story dan IGTV

 

Akhir kata

Meskipun Anda sudah menyesuaikan ukuran thumbnail Youtube serta mengupayakan berbagai triknya, konten tetap hal utama. Kalau diibaratkan, thumbnail adalah janji Anda pada viewers. Maka, tepatilah janji itu dengan membuat konten yang memuaskan mereka.

Info Lainnya
6 Cara Scan Barcode Termudah Bagi Android dan iOS
6 Cara Scan Barcode Termudah Bagi Android dan iOS

Pernahkah Anda melihat QR Code atau barcode pada berbagai kesempatan? Kini barcode sering digunakan untuk memuat informasi yang penting. Namun, Baca lebih lajut

Cara Menghapus Page di Word dengan Mudah dan Cepat
Cara Menghapus Page di Word dengan Mudah dan Cepat

Microsoft Word adalah tool Office untuk menulis dengan fitur terlengkap. Saking banyaknya, tidak semua fitur dan shortcut Word dipahami semua Baca lebih lajut

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Ponsel
Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Ponsel

Setiap orang punya foto-foto berharga yang tidak ingin dihapus selamanya dari ponsel. Masalahnya, kita seringkali lupa menyimpannya dengan baik dan Baca lebih lajut

Ukuran Kertas A4, A3, F4, A5, F5, Panduan untuk Percetakan
Ukuran Kertas A4, A3, F4, A5, F5, Panduan untuk Percetakan

Apakah Anda bekerja di percetakan? Setidaknya Anda harus tahu ukuran kertas A4, A3, F4, A5, F5, dan beberapa ukuran lainnya. Baca lebih lajut

Show Buttons
Hide Buttons