Cara Mudah dan Praktis Mengosongkan Google Drive yang Penuh

 

Cara Praktis Mengosongkan Google Drive yang Penuh

Cara Mengosongkan Google Drive – Hampir setiap orang pasti mempergunakan wadah penyimpanan file online yaitu Google Drive. Fasilitas besutan Google tersebut menawarkan kapasitas maksimal hingga 15 GB.

Anda dapat mengelompokkan setiap file supaya semuanya rapi, teratur, serta memudahkan Anda saat mencari maupun menghapus file.

Namun, seiring waktu, Google Drive Anda pasti penuh sebab koleksi file semakin bertambah dan menumpuk. Di saat bersamaan, Anda perlu berlangganan untuk membayar tarif bulanan untuk memperoleh ruang simpan yang lebih banyak.

Kalau tidak mau membayar, silahkan Anda menyimak beberapa tips cara mengosongkan Google Drive di artikel ini supaya bisa menyimpan file secara bebas.

Hal yang Terjadi Saat Google Drive Penuh

Semua file tidak dapat Anda sinkronkan lagi. Lalu, Anda tidak dapat menikmati layanan Google Docs dalam mengunggah maupun menciptakan file baru. Tak sampai di situ, Anda pun tidak bisa mengunggah foto pada Google Photos.

Kegiatan menyunting maupun mengkopi file tidak dapat terlaksana oleh Anda maupun orang lain, karena pengaruh pemakaian ruang simpan yang terus mengalami pengurangan.

Tak berhenti sampai disitu, Google Drive akan berhenti menyinkronkan folder “Drive Saya” dengan Google Drive dalam perangkat Anda.

Terlihat rumit, bukan? Sehingga, Anda harus mengosongkan Google Drive yang penuh.

Selain itu, ketika ruang simpan Google Drive sudah penuh dalam 2 tahun sedangkan Anda tak melakukan tindakan apapun, konten dalam file yang membuat ruang simpan penuh dapat terhapus.

Terdapat 6 cara dalam mengosongkan Google Drive, silahkan Anda baca artikel ini.

Cara Mengosongkan Google Drive:

1. Menghapus File Sementara di Google Drive

  • Silahkan akses Google Drive pada perangkat Anda, entah itu via laptop maupun ponsel. Namun lebih nyaman membuka di laptop.
  • Saat membuka dari laptop, “File” Google Drive Anda terletak di bagian bawah sendiri.Menghapus File Sementara di Google Drive
  • Klik kanan pada file yang ingin Anda hapus. Pilih “Hapus”.

Opsi Remove File pada Menu Google Drive

  • Untuk versi ponsel, klik ikon “titik tiga”, klik “Hapus”.
  • File yang terhapus belum hilang selamanya, hanya ada pada folder “Sampah”.

Keterangan:

File yang Anda hapus ada di folder “Sampah” untuk 30 hari lalu otomatis terhapus permanen jika sudah lebih dari 30 hari. Ketika butuh file itu lagi, maka Anda bisa memulihkannya sebelum 30 hari.

Agar ruang simpan kembali normal, Anda dapat menghapus file untuk selamanya atau permanen.

2. Menghapus File Permanen di Google Drive

Seperti yang telah Kami jelaskan, file yang Anda hapus masih ada di folder “Sampah” untuk 30 hari. Jadi saat Google Drive Anda penuh, silahkan periksa folder “Sampah”.

Lalu, hapus semua file tersebut secara permanen atau selamanya.

Caranya yakni:

  • Klik Menu Bar di aplikasi.
  • Pilih folder “Sampah”
  • Klik “Kosongkan Sampah Sekarang” atau “Empty Trash” pada pojok kanan atas.

Mengosongkan File yang telah dihapus pada Trash di Google Drive

  • Jika Anda buka via ponsel, tidak ada fitur “Kosongkan Sampah Sekarang”. Jadi Anda harus klik ikon “titik tiga” kemudian pilih “Hapus Selamanya” satu per satu di tiap file.
  • File sudah terhapus.

3. Menghapus File Ukuran Besar

Metode praktis ketiga yakni menghapus file berukuran besar. Anda dapat melihat ukuran file Anda pada menu “Penyimpanan”. Atau dengan cara mengunjungi link ini.

Laman tersebut akan menampilkan informasi rinci dari semua file ukuran besar sesuai urutan. Lalu silahkan pilih file yang ingin Anda hapus dari ruang simpan Anda.

Batas Penyimpanan Google Drive 15 GB

Fitur Storage Used, Sorting berdasarkan besarnya kapasitas File yang disimpan pada Google Drive

Tak hanya itu, folder “Penyimpanan” bisa melakukan pemindaian untuk melihat aplikasi yang menyimpan data tersembunyi pada aplikasi Anda. Ukuran datanya biasanya sangat kecil, tapi baiknya Anda tetap menghapus data tersebut.

Lalu, hapus file berukuran besar melalui tutorial berikut:

  • Tekan ikon roda bergerigi di sudut kanan atas halaman Google Drive.

Icon Setting pada Google Drive

  • Pilih “Setting”.
  • Pilih “Manage Apps”.
  • Klik “Hapus”, file yang Anda pilih otomatis pindah ke folder “Sampah”.
  • Akses folder “Sampah” lalu hapus filenya.

4. Menghapus e-Mail Ukuran Besar

Lampiran (attachment) e-mail dengan ukuran besar ternyata mampu memenuhi ruang simpan Google Drive. Tapi tenang saja, Anda bisa menyingkirkan file tersebut dengan cara:

  • Akses Gmail Anda.
  • Di kolom “Search” di e-mail, ketikkan “has:attachment larger:10M”. Semua file berukuran di atas 10 MB pun muncul.

Fitur untuk mengfilter file attachment pada Gmail

  • Sortir e-mail yang sudah tidak Anda perlukan, lalu hapus.
  • Guna memastikan, klik folder “Sampah” pada e-mail, klik tombol “Kosongkan Sampah Sekarang” guna menghapus semua konten.

5. Mengurangi Kualitas Foto di Google Photos

Untuk Anda pengguna ponsel Android tentu tahu bahwa Anda dapat menyimpan maupun menyalin foto langsung pada layanan Google Photos. Ternyata, Google Photos juga menghabiskan ruang simpan Google Drive.

Anda bisa menghapus beberapa foto yang sudah tidak penting atau sudah Anda pindahkan ke perangkat komputer Anda.

Silahkan coba cara ini:

  • Kunjungi laman Setting Google Photos pada link berikut.
  • Akan muncul dua pilihan teratas yaitu “Original” serta “High Quality (free unlimited storage)”.
  • Klik “High Quality” jika ingin dapat ruang simpan tak terbatas pada Google Photos.
  • Masih di laman yang sama, Anda juga dapat menemukan tombol “Recover Storage”.
  • Klik tombol itu kalau sewaktu-waktu ingin mengubah resolusi foto dan video menjadi lebih kecil, sehingga bisa menghemat ruang simpan Google Drive.

Keterangan:

Hati-hati dalam menghapus foto, pastikan foto itu sudah tidak penting atau sudah Anda back up di perangkat lain. Kalau tiba-tiba Anda tak sengaja menghapus foto, Anda dapat mempelajari cara memulihkan file di Google.

6. Menghapus “Share with Me” di Google Drive

Google Drive memungkinkan Anda maupun pengguna lain untuk berbagi, mengedit, dan melihat file satu sama lain melalui fungsi Share with Me atau “Bagikan dengan Saya”.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat:

  • Pengguna lain yang berbagi file maupun folder dengan Anda.
  • File yang dibagikan lewat tautan yang Anda buka.
  • Tanggal file yang dibagikan dengan Anda.
  • Pemilik file.
  • Tipe dokumen.

Pengguna lain yang membagikan filenya pada Anda otomatis file tersebut akan menumpuk di folder Share with Me. Sehingga Anda bisa menghapus file Share with Me tersebut dengan cara:

  • Kunjungi laman Google Drive.
  • Pilih folder “Share with Me” yang letaknya di bagian sebelah kiri.
  • Pilih file yang ingin Anda hapus, klik kanan.
  • Klik Hapus.

7. Mengatasi Google Drive Penuh Padahal Kosong

Kalau suatu saat Anda mengalami ruang simpan Google Drive penuh padahal tak banyak file ukuran besar, berikut cara memperbaikinya:

  • Jika Anda baru saja menghapus banyak file di Drive Anda dan di folder “Trash” tapi ruang simpan masih penuh, tunggu hingga 24 jam sampai statistik Google akan memperbarui penyimpanan Anda.
  • Periksa kembali file Google Drive berdasarkan ukuran file. Gunakan laptop maupun komputer untuk memeriksa daftar file dari yang terbesar sampai terkecil.
  • Letakkan file yang tidak penting di folder “Trash”, lalu hapus permanen.

Jika cara-cara tersebut masih tak berfungsi, laporkan ke Google dengan mengirimkan feedback seperti tutorial di bawah ini:

Kunjungi laman Google Drive → “Help” → “Send Feedback” → masukkan “feedback” Anda, lalu klik “Send”.

Bagaimana? Mudah, bukan?

Anda boleh mengikuti metode tadi sebagai cara mengosongkan Google Drive supaya Anda menikmati Google Drive dalam kapasitas lebih besar seperti normal.

Saat mengosongkan Google Drive, tips terakhir yang Kami berikan adalah Anda wajib melakukan pengecekan berkala pada file yang tak penting. Saat menemukannya, segera hapus file secara permanen agar tidak menumpuk pada folder “Sampah”.

Selanjutnya, Kami sarankan agar memakai Google Drive berbayar atau bisa menggunakan alternatif drive lain kalau Anda pemakai e-mail bisnis karena ruang simpan lebih besar sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan Anda.

Itu tadi cara menghapus file dan mengosongkan Google Drive. Semoga bermanfaat untuk kebutuhan Anda. Selamat mencoba.

Info Lainnya
Cara Hapus Akun Telegram Via Browser dan Aplikasi
Cara Hapus Akun Telegram Via Browser dan Aplikasi

Belum lama ini banyak sekali pertanyaan masuk mengenai cara hapus akun telegram. Ya, pertanyaan itu muncul karena beberapa alasan. Mulai Baca lebih lajut

Cara Download MP3 dari YouTube
Cara Download MP3 dari YouTube

YouTube merupakan platform video yang banyak diminati pengguna internet. Beragam video seperti musik, vlog, tutorial, inspirasi, dan lainnya bisa kamu Baca lebih lajut

Cara Melihat Password WiFi di Laptop, Gampang!
Cara Melihat Password WiFi di Laptop, Gampang!

Lupa adalah hal yang cukup lumrah di hidup manusia. Lalu bagaimana kalau kamu lupa dengan password WiFi di perangkat elektronikmu? Baca lebih lajut