4 Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang Tanpa Dicadangkan

5/5 - (2 votes)

4 Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang Tanpa Dicadangkan

Pernahkah kamu bingung mengembalikan chat di aplikasi WhatsApp karena belum di-backup? Di artikel ini kamu akan menemukan beberapa cara mengembalikan chat WA yang hilang tanpa dicadangkan.

Mengingat WhatsApp adalah aplikasi chat yang cukup populer di Indonesia, sepertinya semua orang yang punya ponsel pintar pasti menginstal aplikasi ini di ponselnya.

Sayangnya, seringkali obrolan atau chat yang ada di aplikasi ini terhapus tanpa sengaja ketika kamu memperbarui sistem Android maupun aplikasi lainnya. Tapi untungnya ada beberapa cara mengembalikan chat WhatsApp yang sudah di delete yang bisa kamu coba sekarang juga.

Perlu kamu ingat, meskipun ada cara mengembalikan Chat WA yang Hilang lebih baik kamu rutin melakukan backup mulai sekarang apabila isi WhatsApp kamu penting.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Hilang Tanpa Dicadangkan

Fitur backup yang seringkali berjalan secara otomatis memiliki fungsi yang sangat penting untuk aplikasi yang “super sibuk” seperti WhatsApp.

Mulai sekarang, jangan malas-malas untuk backup, ya. Berikut beberapa cara mengembalikan chat WhatsApp yang hilang.

Melalui Cadangan Google Drive

Melalui cadangan Google Drive

Cara mengembalikan chat WA yang hilang permanen bisa kamu lakukan melalui Google Drive.

Metode ini akan bekerja apabila akun Google kamu menggunakan nomor telepon yang sama dengan WhatsApp kamu. Apabila nomornya berbeda, cara ini tidak akan berhasil.

Pertama-tama, kamu harus menginstal ulang WhatsApp di ponselmu sehingga kamu akan memulai proses setting WhatsApp dari awal.

Kemudian, sistem akan memintamu untuk memasukkan nomor ponsel dan melakukan verifikasi. Apabila sistem menemukan kecocokan, maka kamu akan melihat tombol “Pulihkan” di layar.

Proses memulihkan obrolan ini biasanya memang memakan waktu beberapa menit. Apabila proses telah selesai, kamu tinggal klik tombol “Lanjut” dan semua obrolan akan kembali ke ponsel kamu.

Apabila kamu juga ingin mengembalikan file yang ada di obrolan, sistem akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan prosesnya.

Cara mengembalikan chat WhatsApp yang sudah di clear ini bisa berhasil kalau sebelumnya kamu sudah pernah melakukan backup ke Google Drive.

Tapi jika kamu tidak pernah melakukan backup, maka sistem akan otomatis memulihkan data kamu dari local backup.

Melalui Local Backup

Melalui local backup

Untuk melakukan metode ini, kamu perlu memindahkan semua file ke penyimpanan eksternal. Cara ini bisa kamu lakukan apabila kamu perlu memindah semua riwayat chat ke ponsel yang baru.

Apa itu local backup? Local backup atau cadangan lokal adalah file yang dicadangkan oleh sistem secara rutin dan otomatis. Kamu bisa mengakses segala pembicaraan dan histori WhatsApp kamu selama tujuh hari terakhir.

Baca Juga:  Cara Membatasi Pengguna WiFi: 4 Metode anti Lemot

File ini biasanya tersimpan di penyimpanan internal ponsel kamu, tepatnya di folder/sdcard/WhatsApp/. Langkah-langkah di bawah juga bisa kamu terapkan untuk cara mengembalikan chat WA yang tidak di backup di iPhone.

  • Download aplikasi Manager File atau aplikasi serupa lainnya.
  • Setelahnya, cari folder dan buka sdcard/WhatsApp/Databases
  • Apabila data tidak ada di SDcard, kamu bisa mengaksesnya di penyimpanan internal atau penyimpanan utama.
  • Setelah menemukan folder yang kamu cari, kamu akan menemukan beberapa file msgstore-TTTT-BB-HH.1.db.crypt12. Kamu bisa mengganti namanya menjadi msgstore.db.crypt12,
  • Apabila backup dilakukan jauh lebih lama, maka sistem akan menggunakan protokol yang lebih kecil, seperti crypt 8 atau crypt7. Penting kamu ingat bahwa jangan pernah mengganti nomor ekstensi crypt.
  • Install ulang WhatsApp kamu.

Langkah-langkah di atas bisa kamu terapkan sebagai cara mengembalikan chat WA di hp baru. Memang segalanya akan lebih mudah kalau kamu rutin melakukan backup, kan?

Menggunakan Aplikasi Recent Notification

aplikasi Recent Notification

Agar Mengembalikan Chat WA yang Hilang ini bisa berjalan, kamu harus mengunduh aplikasi pihak ketiga. Kabar baiknya, aplikasi Recent Notification ini tersedia secara cuma-cuma di Google Play.

Setelah kamu berhasil download dan membuka aplikasi ini, sistem akan memintamu untuk memberi izin akses terhadap ponsel dan aplikasi. Kamu bisa centang semuanya, termasuk aplikasi WhatsApp.

Dalam hitungan detik,  Recent Notification akan menunjukkan chat yang dihapus oleh orang lain di chat room.

Meskipun terdengar sederhana dan efektif, aplikasi ini hanya bisa bekerja sesuai keinginan apabila kamu menginstalnya sebelum chat tersebut terhapus. Jika tidak, kamu tidak akan mendapatkan apa-apa.

Melalui PC

Apabila menggunakan aplikasi ponsel masih tidak mempan juga, kamu bisa mencoba Mengembalikan Chat WA yang Hilang melalui PC atau laptop. Caranya masih sama, kamu harus mengunduh aplikasi pihak ketiga dulu.

Kamu bisa mengunduh PhoneRescue dari Google. Tapi pastikan kamu hanya mengunduhnya dari situs terpercaya, ya.

Setelah instalasi selesai, kamu harus mencentang kotak aplikasi WhatsApp. Lalu klik tombol > di layar sehingga sistem akan melanjutkan proses pemindaian.

Di tahap ini, kamu bisa melakukan preview sebelum memilih pesan yang mau dipulihkan. Setelahnya, klik “Recover” yang ada di pojok kanan bawah.

Cara ini seringkali berhasil mengembalikan chat WA yang hilang, namun layanan PhoneRescue dengan akun gratis memiliki fitur yang terbatas. Jika kamu akan sering menggunakan aplikasi ini, tidak ada salahnya untuk mencoba yang berbayar.

Pentingnya Melakukan Backup WhatsApp

Melakukan backup menjadi hal yang penting, apalagi jika isi percakapanmu penting. Mengingat WhatsApp sekarang telah menjadi alat komunikasi yang efektif untuk perihal pekerjaan di masa pandemi, tidak ada salahnya untuk melakukan effort ekstra demi keamanan bersama.

Baca Juga:  Apakah Heading Adalah Judul? Cari Tahu Yuk agar Lebih Paham!

Tapi bagaimana cara mengembalikan chat WA yang hilang yang sudah di backup? Dan bagaimana juga cara melakukan backup WhatsApp secara rutin?

Cara Backup WhatsApp ke Google Drive

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel.
  • Ketuk titik tiga vertikal yang ada di layar, lalu proses ke “Pengaturan”.
  • Kemudian, pilih “Chat” dan “Backup Chat”.
  • Lalu, pilih “backup to Google Drive”. Kamu bisa memilih seberapa sering sistem melakukan backup. Jika WhatsApp penting untukmu, jangan ragu untuk memilih backup secara harian.
  • Pilih akun Google yang menjadi tempat untuk menyimpan semua backup, dan kemudian “Allow” atau “Izinkan”.
  • Jika kamu juga berniat melakukan backup untuk media foto dan video, kamu bisa mencentang boks yang tersedia.
  • Klik “Backup”.
  • Selesai.

Mudah, kan? Oleh karena itu, mulai sekarang kamu jangan malas-malas melakukan backup, ya, daripada menyesal di belakang. Meskipun mengambil file yang sudah dicadangkan perlu waktu, setidaknya obrolan pentingmu tidak akan hilang apabila sudah tersimpan di Google Drive.

Namun biasanya ada beberapa kendala dalam mengembalikan chat WA yang hilang seperti tidak bisa restore WhatsApp untuk chat-chat tertentu.

Tidak Bisa Memulihkan Chat WA Meskipun Sudah Dicadangkan

Meskipun kemungkinan besar kamu bisa Mengembalikan Chat WA yang Hilang setelah melakukan backup, masih ada beberapa faktor yang membuat sistem tidak bisa memulihkan chat kamu.

Kemungkinannya adalah sistem tidak bisa menemukan folder local backup di ponselmu. Bisa jadi kamu sudah memindahkannya ke PC atau tempat lain.

Penyebab lainnya adalah file sudah terlalu lama sehingga tidak kompatibel dengan WhatsApp versi terkini. Memang, melakukan backup data ke Google Drive atau Cloud adalah solusi yang paling tepat untuk Mengembalikan Chat WA yang Hilang. Kamu tidak perlu mengorbankan space di memori ponselmu, pada akhirnya.

Begitulah cara mengembalikan chat WA yang hilang tanpa dicadangkan. Semoga kamu menemukan apa yang kamu cari, ya.

Info Lainnya
Cara Buka Rekening BRI Online Mudah dan Langsung Aktif
Cara Buka Rekening BRI Online Mudah dan Langsung Aktif

Buka rekening BRI Online adalah cara praktis untuk kamu yang tidak mau repot pergi ke bank. Dengan memanfaatkan teknologi, kamu Baca lebih lajut

Cara Login dan Pemutakhiran Data ASN di My SAPK BKN
Cara Login dan Pemutakhiran Data ASN di My SAPK BKN

Sekarang proses pemutakhiran data ASN bisa dilakukan dengan lebih mudah dan akurat. Semua ASN bisa bisa melakukannya melalui aplikasi yang Baca lebih lajut

9 Cara Mengubah Video Menjadi Audio Tanpa Ribet
9 Cara Mengubah Video Menjadi Audio Tanpa Ribet

Perkembangan teknologi yang canggih membuat pengguna internet kini dengan mudah mendapat konten berupa video maupun audio. Akan tetapi, dalam beberapa Baca lebih lajut

8 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara dengan Mudah
8 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara dengan Mudah

WhatsApp (WA) telah menjadi alat komunikasi yang populer dan paling banyak orang gunakan, utamanya di Indonesia. Namun ada banyak alasan Baca lebih lajut