Cara Translate PDF Gratis dengan 4 Metode Mudah

Cara Translate PDF Gratis dengan 4 Metode Mudah

Tahukah kamu bahwa ada cara translate PDF ke berbagai bahasa secara gratis? Mudah dan bebas biaya! Yuk, pelajari semua caranya di sini!

Kadang kamu memerlukan informasi dari sebuah dokumen PDF yang menggunakan bahasa asing. Karena itulah, kamu perlu terlebih dahulu menerjemahkannya.

Sebelum  menggunakan jasa penerjemah berbayar, kamu bisa terlebih dahulu mencoba 4 metode gratisan ini.

  • Translate dengan Google Translate,
  • Google Docs,
  • Microsoft Words,
  • dan Doc Translator.

Pada setiap aplikasi, kamu perlu mempelajari langkah-langkah sederhana untuk menerjemahkan dokumen. Inilah yang akan kamu dapatkan dalam artikel ini.

Cara Translate PDF dengan Google Docs

Translate PDF

Mungkin ada banyak sekali pengguna yang belum mengetahui bahwa ada fitur Google Drive translate pdf yang bisa kamu gunakan secara gratis dan mudah.

Ini merupakan salah satu cara translate pdf English ke Indonesia yang paling mudah. Terlebih lagi, yang perlu kamu lakukan sebenarnya hanyalah mengunggah file lalu menerjemahkannya.

Namun, kamu juga perlu mengetahui kelemahan menggunakan cara ini. Saat kamu menerjemahkan PDF berisi gambar, diagram, tabel, atau grafik, Google Docs tidak dapat memproses penerjemahan bagian ini dengan baik.

Oleh karena itu, sangatlah tidak mungkin menerjemahkan elemen visual lalu menyimpannya sesuai tata letak dalam dokumen hasilnya.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa terlebih dahulu mengkonversi PDF ke .doc sebelum mengunggahnya ke Google Docs. Selanjutnya, setelah mendapatkan hasil terjemahan, kamu bisa mengembalikannya ke PDF lagi.

Namun, jika file PDF yang harus kamu terjemahkan hanyalah teks biasa, maka kamu dapat melewati langkah konversi di atas.

Berikut ini adalah langkah mudah untuk melakukan Google Drive translate PDF:

  1. Bukalah Google Docs lalu unggah dokumen PDF yang hendak kamu terjemahkan.
  2. Dokumen yang kamu unggah akan langsung terbuka dalam web browser. Klik tab segitiga kecil dan pilih “Google Documents” dari daftar tarik-turun. Jika kamu mengunggah dokumen konversi .doc, maka dokumen tersebut akan langsung terbuka di Documents, jadi lewati saja langkah ini.
  3. Selanjutnya, kamu perlu memilih opsi “Tools” dalam Google Doc dan klik translate document.
  4. Sebuah pop up window akan muncul. Selanjutnya, kamu perlu memilih bahasa target terjemahan untuk melanjutkan proses penerjemahan. Setelah kamu mendapatkan bahasa yang kamu inginkan, klik translate untuk mendapatkan hasilnya.
  5. Dalam sekejap, kamu akan mendapatkan hasilnya. Selanjutnya, kamu dapat mengunduh dokumen tersebut ke dalam PDF dengan cara klik File > Download > PDF.
Baca Juga:  Cara Mengganti dan Download Suara Google Assistant

Cara Translate PDF dengan Google Translate

Translate PDF

Kamu pasti sudah sering mendengar dan menggunakan Google Translate. Benar! Google Translate merupakan alat penerjemah multi bahasa paling populer di dunia.

Perlu kamu ketahui bahwa Google Translate tidak hanya menerjemahkan teks saja. Aplikasi ini juga menyediakan layanan Google Translate dokumen PDF dan berbagai ekstensi lainnya.

Mari pelajari langkah Google Translate PDF bersama-sama!

  1. Bukalah laman Google Translate dan pilih “Documents
  2. Klik tombol “Browse Your Computer“. Dari sini kamu akan memperoleh akses navigasi menuju ke folder komputer. Pilihlah file PDF yang perlu kamu terjemahkan lalu tekan tombol “Open”.
  3. Pada bagian kiri atas, kamu akan mendapatkan opsi default, yaitu “detect language” yang akan mendeteksi bahasa dalam dokumen secara otomatis. Selanjutnya, kamu dapat memilih bahasa target terjemahanmu sendiri. Kemudian, kamu dapat menekan tombol “translate” untuk mulai menerjemahkan.
  4. Dokumen yang telah kamu terjemahkan dalam Google Translate PDF akan tampil sebagai sebuah halaman web. Kamu dapat menyimpannya ke komputer dengan klik “save as”. Jika ingin langsung mengkonversinya ke dalam PDF kamu  bisa memilih opsi “Print” lalu pilih “Save as PDF

Cara Translate PDF dengan Microsoft Office

Translate PDF

Microsoft Office bukanlah pilihan pertama yang muncul di kepala saat kamu perlu membuka file PDF, apalagi menerjemahkan PDF. Tetapi Microsoft Office merupakan program yang berkualitas untuk melakukan pekerjaan ini.

Dengan add-in penerjemah untuk Outlook, kamu bisa menggunakan fitur terjemahan di Word, Excel, OneNote, dan PowerPoint.

  1. Buka PDF yang perlu kamu terjemahkan dengan Microsoft Word. Klik kanan pada PDF yang dipilih dan pilih “Open With“, lalu pilih “Microsoft Word”.
  2. Sebuah prompt baru akan muncul untuk memberitahu kamu bahwa dokumen perlu konversi ke Word terlebih dahulu. Cukup tekan tombol “OK” untuk melanjutkan. Jangan khawatir tentang mengubah format file, kamu dapat dengan mudah mengonversi Word ke PDF kembali setelah terjemahan.
  3. Pilih “Review” yang terletak di bagian atas menu Microsoft Words. Selanjutnya, klik “Translate” > “Set Document Translation Language“.
  4. Translate file PDF English to Indonesia

Menu penerjemahan akan terbuka di kolom sebelah kanan. Jika kamu ingin menerjemahkan seluruh isi dokumen kamu bisa memilih “Documents”. Namun jika kamu hanya ingin menerjemahkan sebagian saja maka kamu dapat memilih menu “selection”.

Baca Juga:  Dijamin Berhasil! Begini Cara Cek Pulsa 3

Ketika semua pengaturan sudah kamu lakukan maka kamu cukup klik tombol “translate” untuk mendapatkan hasilnya.

Cara Translate PDF dengan Doc Translator

Translate PDF

Doc Translator merupakan alat penerjemah dokumen online yang berisi dukungan terjemahan untuk lebih dari 50 bahasa.

Dengan basis data solid yang disediakan Google Translate, Doc Translator dapat menerjemahkan dokumen dengan tepat termasuk PDF, Word, Excel, PPT, TXT, dan banyak lagi.

  1. Buka Doc Translator dan klik tombol “Upload file” untuk mengunggah PDF kamu. Kamu juga dapat melakukannya dengan menarik dokumen dan melepaskannya ke dalam user interface Doc Translator.
  2. Doc Translator akan secara otomatis mendeteksi bahasa PDF yang kamu unggah. Jika tidak mendeteksinya dengan benar, kamu juga dapat memilih bahasa secara manual. Di kolom bahasa kanan, pilih bahasa yang ingin kamu terjemahkan PDF, lalu tekan tombol “Translate”.
  3. Ketika PDF kamu berhasil diterjemahkan ke bahasa target, akan ada tautan unduhan yang ditampilkan di halaman hasil. Cukup klik tautan “Download Document” untuk menyimpannya ke perangkat. Sangat mudah bukan?

Kesimpulan

Jika kamu ingin menerjemahkan PDF yang terpindai, gunakan saja Microsoft Word. Untuk menerjemahkan PDF berbasis teks, Google Terjemahan, Google Documents, dan Doc Translator adalah pilihan yang baik.

Dalam artikel di atas, kamu telah mempelajari 4 cara translate PDF secara gratis. Kamu juga tidak perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu hanya untuk melakukan penerjemahan. Selamat mencoba!

Info Lainnya
4 Cara Lacak Paket JNE Online: Cepat, Akurat, Anti Ribet
4 Cara Lacak Paket JNE Online: Cepat, Akurat, Anti Ribet

Kamu mungkin pernah merasa cemas mengapa paket tidak kunjung datang juga. Saat berbelanja online di ecommerce, biasanya kamu dapat melacaknya Baca lebih lajut

5 Cara Download Drama Korea Subtitle Indonesia Via HP Gratis
5 Cara Download Drama Korea Subtitle Indonesia Via HP Gratis

Kamu lebih suka nonton Drama Korea via hp atau PC? Nah, kabar baiknya nih buat kamu pecinta drakor, ternyata baik Baca lebih lajut

4 Cara TM Simpati yang Mudah dan Cepat
4 Cara TM Simpati yang Mudah dan Cepat

Simpati merupakan kartu perdana yang memiliki banyak pengguna di Indonesia. Sebagai pengguna simpati, apakah kamu tahu cara TM Simpati yang Baca lebih lajut

Cara Daftar Indihome Online dan Offline Lengkap Syaratnya
Cara Daftar Indihome Online dan Offline Lengkap Syaratnya

Akses internet saat ini jadi kebutuhan utama banyak orang. Mengandalkan paket data ponsel saja jelas tak cukup dan lumayan boros. Baca lebih lajut