Cara Sharing Printer di Windows 7, 8, dan 10

Rate this post

Cara Sharing Printer di Windows 7, 8, dan 10

Permasalahan yang sering dihadapi oleh karyawan kantor adalah terbatasnya printer, sementara keperluan ngeprint sangat banyak. Nah, ada solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan cara sharing printer.

Apa itu sharing printer? Bagaimana cara melakukannya, baik itu yang menggunakan WiFi maupun sharing dengan komputer lain? Serta, manfaat apa yang didapat dari melakukan cara tersebut?

Oke, kamu akan tahu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut jika kamu menyelesaikan bacaan artikel ini. Simak artikel ini sampai tuntas ya, agar permasalahan tersebut bisa kamu selesaikan baik.

Apa itu Sharing Printer?

Sharing printer adalah sebuah aktivitas untuk membuat semua komputer terhubung dengan satu device printer. Aktivitas ini akan memudahkan seseorang untuk mencetak dokumen, meskipun komputer yang kamu gunakan tidak terhubung secara langsung ke printer.

Namun, sharing printer tidak bisa kamu lakukan begitu saja. Kamu memerlukan jaringan LAN maupun WiFi untuk menghubungkan printer dengan semua komputer yang ada di ruangan tersebut. Sehingga, kepraktisan mencetak dokumen bisa terwujud.

Cara Sharing Printer Windows 7, 8, dan 10

Agar printer bisa kamu share dengan banyak komputer, kamu harus melakukan cara-caranya seperti di bawah ini. Cara ini berlaku juga untuk Windows 7, 8, dan 10 ya. Ini karena,  cara sharing printer antara satu Windows dengan Windows lainnya hampir sama.

  1. Aktifkan Fitur “File and Printer Sharing” yang ada pada Windows

Cara Sharing Printer Windows 7, 8, dan 10

Cara mengaktifkan fitur “File and Printer Sharing”, yaitu dengan “Buka control panel > pilih opsi Network and Internet.”

  1. Pilih Opsi Network and Sharing

Setelah kamu memilih Network and Internet, selanjutnya kamu harus memilih Network and Sharing. Letak opsi tersebut ada di bagian atas sedikit ke kiri.

  1. Pilih “Change Advanced Sharing Settings”

Setelah itu, kamu harus memilih Change Advanced Sharing Settings. Letak opsi tersebut ada di bilah atas sebelah kiri.

  1. Aktifkan “Turn On File Sharing and Printer Sharing”

Ketika kamu mengaktifkan fitur Turn on File Sharing and Printer Sharing ini, maka semua pemilik Windows yang terhubung dalam satu jaringan dengan kamu bisa mengakses file sekaligus printer yang sedang kamu sharing-kan.

  1. Opsional: Memberi Password

Agar lebih aman, kamu bisa sekaligus memproteksi komputer dengan memberinya password. Sehingga, siapapun yang ingin mengakses komputer kamu harus memasukkan password terlebih dahulu.

Baca Juga:  Cara Download Video di Facebook Melalui HP dan Laptop

Cara memberi password cukup mudah. Kamu hanya perlu mengaktifkan tombol All Network yang terletak di bagian bawah. Pilih panah ke bawah dan pilih proteksi password-nya.

  1. Pilih “Turn Off Password Protected Sharing”

Namun sebaliknya, jika kamu tidak ingin memberatkan siapapun dalam mengakses komputer kamu. Kamu bisa memilih Turn Off Password Protected Sharing. Jadi akan semakin simpel dan mudah, meskipun beda-beda orang yang mengaksesnya.

  1. File and Printer Sharing Sudah Aktif

Cara Mengaktifkan File and Printer Sharing

Pada langkah ini sebenarnya kamu sudah berhasil mengaktifkan File and Printer Sharing. Namun, langkahnya tidak berhenti sampai sini.

Kamu harus membuka kembali Control Panel > Hardware and Sound > View Device and Printers.

  1. Pilih Printer yang Ingin Kamu Sharing

Jika ada lebih dari satu printer, kamu bisa mulai memilih printer mana yang ingin kamu sharing. Caranya, klik kanan pada printer yang ingin kamu sharing > klik See What’s Printing.

  1. Pilih Menu Printer > Sharing

Masuk ke menu Printer, kemudian pilihlah Sharing.

  1. Aktifkan Fitur “Sharing”

Selanjutnya, aktifkan fitur sharing. Pada jendela Properties, buka lah tab Sharing > klik Change Sharing Options.

  1. Memasukkan Nama Printer

Akan muncul “share name” kosong yang harus kamu isi. Masukkan nama printer yang ingin kamu sharing dengan nama printer yang singkat dan jelas. Selanjutnya, klik “OK”.

Gimana, bisa mengikuti langkah-langkahnya? Pada tahap ini, printer kamu sudah berhasil di-sharing dengan semua komputer yang ada dalam satu jaringan.

Jadi, semua pengguna Windows yang ada dalam jaringan tersebut bisa nge-print dokumen melalui komputernya masing-masing dan tidak akan mengganggu satu sama lain. Hanya cukup mengantri giliran dokumen berhasil kamu print.

Lalu, bagaimana caranya mengakses printer yang di-sharing dengan komputer lain? Kamu bisa mengikuti panduannya berikut ini.

Cara Mengakses Printer dengan IP Address

Ya, cara sharing printer dengan komputer lain harus menggunakan IP Address. Sehingga, kamu harus mengetahui IP Addres komputer yang sedang sharing printer. Yang mana, printer tersebut juga ingin kamu gunakan.

Ada 3 cara sharing printer dengan IP Address yang bisa kamu ikuti:

Pertama, buka Windows Explorer > ketik IP Address komputer yang sedang sharing > Enter. Misalnya, IP Address komputer tersebut 192.168.56.1

Kedua, lihatlah printer yang sedang sharing dengan komputer lain. Klik kanan pada pada ikon printer yang kamu inginkan > klik menu Connect. Tunggu beberapa saat agar komputer bisa terhubung dengan printer.

Ketiga, kamu sudah bisa mencetak dokumen. Cetaklah dokumen tersebut menggunakan printer yang berhasil kamu sharing.

Baca Juga:  7 Cara Melihat Password WiFi di Android Tanpa Root

Manfaat Sharing Printer

Setelah mengetahui cara sharing printer Windows 10, 8, dan 7, kamu juga harus mengetahui manfaat melakukan sharing printer tersebut. Berikut beberapa manfaatnya:

Meminimalisir Anggaran Pengeluaran, Waktu, dan Tenaga

Menggunakan sharing printer memungkinkan kamu meminimalkan anggaran pengeluaran pembelian printer. Katakan saja jika kamu menjadi karyawan sebuah perusahaan. Maka, perusahaan bisa meminimalisir pengeluaran dengan membeli sedikit printer, namun bisa bermanfaat untuk banyak karyawan.

Juga akan meminimalkan waktu dan tenaga. Kamu tidak perlu menunggu cetakan dokumen pertama selesai, baru kemudian mencetak dokumen kedua. Bahkan dengan melakukan sharing printer, kamu sudah tidak perlu mengganti- ganti kabel USB printer.

Komputer Bisa Saling Bertukar Dokumen

Sharing printer memungkinkan penggunanya untuk terhubung antara satu komputer dengan komputer lain. Tentu, cara seperti ini akan sangat memudahkan jika ternyata kamu memerlukan dokumen dari pengguna komputer lain. Kamu dan rekan kerja bisa saling bertukar dokumen dengan mudah.

Tidak Makan Tempat Ruang

Selain sharing printer mampu meminimalisir anggaran. Sharing printer juga mampu meminimalisir penggunaan banyak tempat.

Bayangkan jika setiap karyawan harus memiliki satu printer. Sementara, dalam suatu perusahaan pasti memiliki banyak karyawan. Betapa penuhnya ruangan tersebut untuk mengisi printer-printer karyawan?

Jika kamu lebih nyaman menerapkan cara sharing printer dengan WiFi, maka harus selalu memperhatikan kondisi jaringan. Jika jaringannya buruk, yang ada proses sharing file tidak akan berjalan dengan lancar. Dokumen yang seharusnya bisa segera kamu cetak menjadi terhambat.

Semoga cara sharing printer yang ada di atas bisa bermanfaat, ya? Bagaimanapun, ini akan sangat menguntungkan jika kamu bekerja dengan banyak orang dalam satu ruangan. Cukup praktis, efektif, efisien, dan mudah diaplikasikan.

Info Lainnya
Cara Buka Rekening BRI Online Mudah dan Langsung Aktif
Cara Buka Rekening BRI Online Mudah dan Langsung Aktif

Buka rekening BRI Online adalah cara praktis untuk kamu yang tidak mau repot pergi ke bank. Dengan memanfaatkan teknologi, kamu Baca lebih lajut

Cara Login dan Pemutakhiran Data ASN di My SAPK BKN
Cara Login dan Pemutakhiran Data ASN di My SAPK BKN

Sekarang proses pemutakhiran data ASN bisa dilakukan dengan lebih mudah dan akurat. Semua ASN bisa bisa melakukannya melalui aplikasi yang Baca lebih lajut

9 Cara Mengubah Video Menjadi Audio Tanpa Ribet
9 Cara Mengubah Video Menjadi Audio Tanpa Ribet

Perkembangan teknologi yang canggih membuat pengguna internet kini dengan mudah mendapat konten berupa video maupun audio. Akan tetapi, dalam beberapa Baca lebih lajut

8 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara dengan Mudah
8 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara dengan Mudah

WhatsApp (WA) telah menjadi alat komunikasi yang populer dan paling banyak orang gunakan, utamanya di Indonesia. Namun ada banyak alasan Baca lebih lajut