3 Cara Scan Dokumen (Ijazah) Paling Praktis Bisa Lewat HP

3 Cara Scan Dokumen (Ijazah) Paling Praktis Bisa Lewat HP

Kemajuan teknologi membuat pekerjaan manusia menjadi semakin mudah, ini misalnya berkaitan dengan penggandaan dokumen dengan pemindaian. Untuk aktivitas ini Anda bahkan tidak wajib lagi menggunakan perangkat scanner. Mau tahu cara scan dokumen (Ijazah) atau berkas berharga lainnya? Simak ulasan berikut hingga tuntas!

Mengenal Aktivitas dan Tujuan Pemindaian

Aktivitas pindai-memindai sudah tidak asing bagi pekerja kantoran, pelajar, atau mahasiswa. Biasanya orang menggunakan perangkat scanner untuk kebutuhan tersebut. Secara umum fungsi alat elektronik ini adalah untuk menggandakan bekas dengan cara mengkonversinya menjadi bentuk digital.

Cara kerja scanner adalah memindai lembaran-lembaran dokumen untuk menghasilkan output berupa berkas digital yang kasat mata dan dapat dimuat pada PC/laptop. Data digital ini berikutnya dapat dimodifikasi kualitas atau ukurannya sesuai keinginan pengguna.

Selain menggunakan perangkat khusus scanner, memindai dokumen sekarang juga dapat dilakukan dengan printer multifungsi, bahkan menggunakan gawai Android. Cara scan dokumen dengan Android juga akan Inigadgets bagikan pada artikel ini.

Sebelumnya Gadget Lovers perlu mengetahui tujuan kegiatan pemindaian dengan berbagai perangkat.

Menyalin Dokumen/Berkas

Menyalin dokumen atau berbagai berkas sekarang tidak perlu dilakukan secara manual lagi misalnya dengan diketik atau ditulis. Cukup dengan memindai Anda sudah mempunyai kopi dokumen yang dikehendaki dengan tampilan yang persis sama dan dapat dicetak kembali kapan saja.

Memudahkan Dokumentasi

Aktivitas pemindaian akan memudahkan Anda mendokumentasi banyak berkas, terutama dokumen-dokumen penting tanpa memerlukan tempat yang luas. Data berbentuk digital cukup disimpan dalam ruang memory laptop, PC, atau hardisk eksternal, sampai ruang penyimpanan online.

Memudahkan Pengelolaan

Resiko pengelolaan berkas secara fisik adalah tidak sengaja terbuang atau turut dimusnahkan bersama kertas-kertas tidak terpakai lainnya. Hal ini tidak akan terjadi jika berkas Anda dikelola secara digital karena lebih gampang dipilah-pilah sesuai kriteria.

Jika suatu saat memerlukannya, Gadget Lovers tinggal mencetaknya.

Melindungi Dokumen/Berkas

Dokumen berbentuk fisik terutama dari kertas bisa rusak kapan saja karena usia, basah, atau terbakar. Untuk melindungi eksistensinya dokumen penting seharusnya disimpan dalam versi digital. Ini terutama untuk dokumen yang penting seperti ijazah,  a kelahiran, paspor, dan sejenisnya.

Hal yang sama berlaku juga untuk naskah-naskah kuno yang berharga, manuskrip, dan peninggalan bersejarah lainnya yang berbentuk catatan atau dokumen.

Inilah beberapa metode pemindaian (scan) dokumen yang dapat Gadget Lovers coba.

3 Cara Memindai Dokumen

sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya untuk scan dokumen tidak selamanya harus menggunakan perangkat scanner. Inigadgets akan memberikan tutorial memindai dokumen baik dengan perangkat scanner, printer multifungsi, serta gadget Android.

Cara Scan Dokumen dengan Scanner Canon Lide 120

Di pasaran tersedia berbagai brand scanner, tapi kali ini Inigadgets akan mengulas cara memindai dokumen menggunakan Scanner Canon Lide 120.

Anda dapat memilih mengaktifkan perangkat dari “menu program” atau shortcut dari tombol “Auto Scan” pada scanner secara langsung.

Pemindaian dengan “menu program”

  • Buka penutup pada scanner.
  • Tempatkan dokumen yang diinginkan pada posisi sebagaimana gambar di bawah, yaitu bagian dokumen dengan tulisan/gambar menempel pada permukaan scanner.

Scanner Canon Lide 120

  • Kembalikan penutup scanner pada posisi semula.
  • Klik pada PC/laptop “Start Menu” – “All Programs” – “Canon Utilities” – “IJ Scan Utility” hingga memunculkan dialog box dan lanjutkan dengan klik “Auto”.

IJ Scan Utility

  • Tunggu proses pemindaian berlangsung dan jika sudah selesai hasilnya dapat disimpan pada lokasi yang Anda kehendaki

Pemindaian dengan tombol “AUTO SCAN” pada scanner

  • Buka penutup pada scanner.
  • Tempatkan dokumen yang diinginkan pada posisi yang tepat.
  • Kembalikan penutupnya seperti sedia kala.
  • Tekan tombol “AUTO SCAN” pada perangkat.

Auto Scan

  • Tunggu sampai proses pemindaian selesai.
  • Simpan versi digital dokumen Anda pada folder sesuai kehendak.

 

Cara Scan Dokumen Lewat HP

Tidak punya scanner sendiri di rumah? Tidak  perlu khawatir karena Gadget Lovers juga bisa menggunakan ponsel untuk memindai dokumen. Begini cara scan dokumen ke pdf di HP versi Inigadgets.

Scan dokumen dengan Google Drive

  • Akses Google Drive pada smartphone.

Scan dokumen dengan Google Drive

  • Ketuk “add” atau tambah (icon plus) yang terletak di sudut kanan bawah.

Ketuk add atau tambah icon plus

  • Pilih “scan” atau “pindai”.

scan

  • Siapkan dokumen yang ingin di-scan dengan diletakkan pada bidang datar yang warnanya kontras dengan dokumen. Jika posisi dokumen sudah benar, selanjutnya Anda tinggal ketuk tombol kamera. Secara otomatis ponsel Anda akan memproses pemindaian dan menyimpan hasilnya dalam bentuk PDF. File tersebut tersimpan dengan nama berawal “Scanned” atau “Dipindai” dan dilengkapi tanggal serta waktu.

otomatis ponsel Anda akan memproses pemindaian

  • Inilah hasil pemindaian menggunakan Android. Jika mau Gadget Lovers juga dapat mengubah nama file untuk memudahkan pencarian. Selanjutnya Anda hanya perlu mengunggah file dan proses sudah selesai.

Untuk menggunakannya secara offline Anda tinggal mengunduhnya untuk dicetak, dikirim via email, atau dipindahkan ke PC/laptop. Lakukan prosedur yang sama jika ingin memindai dokumen yang lain!

hasil pemindaian menggunakan Android

 

Scan dokumen dengan aplikasi “Tiny Scanner”

  • Untuk memindai dokumen dengan aplikasi tersebut, Anda perlu mengunduhnya dulu melalui Play Store. Namun “Tiny Scanner” jika sudah tersedia di HP inilah tutorial menggunakannya.

Tiny Scanner

  • Buka aplikasi untuk memindai dokumen.

aplikasi untuk memindai dokumen

  • Untuk memindai foto secara langsung langsung, klik ikon kamera sebagaimana pada prosedur pemindaian dengan Google Drive.

ikon kamera

  • Lakukan kustomisasi agar hasil scan sesuai keinginan Anda. Selanjutnya klik tanda centang di bagian kanan bawah untuk memulai proses pemindaian.

Lakukan kustomisasi

  • Inilah hasil pemindaian dengan aplikasi. Tampilan scan akan hitam putih jika Anda mengklik ikon galeri yang berwarna abu-abu. Jika ingin tampilan scan persis seperti aslinya Anda bisa mengklik ikon galeri yang berwarna biru.

tampilan scan persis seperti aslinya

  • Hasil pemindaian tersimpan dalam format PDF dan nama file-nya dapat diganti sesuai kehendak. Selanjutnya Anda juga dapat membagikannya melalui aplikasi perpesanan atau fitur berbagi dokumen.

Hasil pemindaian

Cara Scan Dokumen dengan Printer Epson

Tentu saja perangkat printer yang dimaksud disini bukanlah printer biasa, melainkan printer multifungsi yang dilengkapi dengan scanner, misalnya dari Epson L360.

Perangkat printer multifungsi ini dapat digunakan untuk mencetak, fotokopi, serta memindai dokumen. Gadget Lovers dapat mengikut langkah-langkah mudahnya berikut ini:

  • Pastikan printer sudah terhubung dengan laptop atau PC Anda, namun jika belum Anda perlu melakukan instalasi software.

instalasi software

  • Inilah tampilan website resmi Epson Indonesia dan dengan mengkliknya secara otomatis website akan mendeteksi versi Windows yang Gadget Lovers gunakan.

website resmi Epson Indonesia

  • Unduh pada “Scanner Driver for Windows”!

Scanner Driver for Windows

  • Lakukan instalasi hingga proses selesai seluruhnya.

Lakukan instalasi

  • Setelah icon scan muncul pada desktop Anda dapat melakukan proses kustomisasi agar hasilnya sesuai keinginan.

proses kustomisasi

  • Untuk membuat area pemindaian penuh centang pada bagian “Specify document type to full Auto Mode”. Selanjutnya centang bagian “Dust Removal” dan “Color Restoration” untuk menghindari bagian-bagian yang tidak diperlukan (noise) turut terpindai.

menghindari noise

 

  • Selanjutnya Anda bisa klik pada “File Save Settings” untuk memilih bentuk jadi pada pemindaian.

File Save Settings

  • Jika proses instalasi dan setting sudah selesai, sekarang kita dapat mulai memindai dokumen. Tempatkan dokumen pada scanner, yaitu bagian yang ada tulisan atau gambar menempel dengan permukaan scanner.

mulai memindai dokumen

  • Klik tombol “Scan” untuk memulai proses pemindaian dan Tunggu beberapa saat sampai proses pemindaian usai.

proses pemindaian usai

  • Jika sudah selesai artinya dokumen sudah berhasil digandakan dan outputnya secara otomatis akan terbuka.
  • Selanjutnya Anda tinggal memeriksa apakah hasilnya sudah sesuai dengan keinginan.

apakah hasilnya sudah sesuai

Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk cara scan dokumen (Ijazah) atau berkas-berkas lain yang Anda inginkan? Bahkan tanpa perlu perangkat scanner khusus, Anda bisa memindai dokumen dengan praktis cukup pakai HP. Nah, selamat mencoba!

Info Lainnya
Terbaru dan Lengkap! Panduan Cek Pulsa XL Khusus untuk Anda
Terbaru dan Lengkap! Panduan Cek Pulsa XL Khusus untuk Anda

Cara cek pulsa XL berbeda-beda tergantung dari layanan yang Anda gunakan. Pada dasarnya, Anda bisa menggunakan USSD atau aplikasi seperti Baca lebih lajut

Cara Mengganti Password WiFi Indihome, First Media, Wifi.id!
Cara Mengganti Password WiFi Indihome, First Media, Wifi.id!

Kami memaklumi pengguna internet rumahan baru yang kadang masih bingung bagaimana cara mengganti password WiFi. Walhasil, password WiFi masih sama Baca lebih lajut

Anda Wajib Punya Surat Keterangan Kerja! Begini Cara Buatnya
Anda Wajib Punya Surat Keterangan Kerja! Begini Cara Buatnya

Banyak orang tidak menyadari bahwa surat keterangan kerja adalah dokumen penting saat melamar pekerjaan. Wabil khusus bagi anda yang sudah Baca lebih lajut

Lupa Akun Mi Tapi Nomor HP Sudah Tidak Aktif? Ini Solusinya!
Lupa Akun Mi Tapi Nomor HP Sudah Tidak Aktif? Ini Solusinya!

Sering terjadi, pengguna Xiaomi lupa akun Mi secara tidak sengaja logout setelah melakukan hard reset HP. Masalahnya, situasi akan jadi Baca lebih lajut

Show Buttons
Hide Buttons