Panduan Menggunakan Google Classroom Untuk Belajar Di Rumah - Inigadgets

Panduan Menggunakan Google Classroom Untuk Belajar di Rumah

Rate this post

Selama masa pandemi, sekolah pun mulai melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring menggunakan berbagai macam platform. Dari sekian banyaknya aplikasi, Google Classroom (GCR) menjadi salah satu aplikasi belajar mengajar online dengan jumlah pengguna terbanyak.

Namun, hingga saat ini masih banyak pengguna GCR yang membutuhkan panduan lengkap mengenai cara penggunaan GCR. Berikut ini panduan lengkap menggunakan aplikasi GCR.

Cara Akses Google Classroom

Google Classroom adalah platform belajar mengajar gratis yang disediakan oleh Google. Oleh karena itu, aplikasi ini dapat terintegrasi dengan produk Google lainnya seperti Google Sheets, Google Docs, dan Google Drive.

Untuk mengaksesnya pun sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk mengakses GCR. .

1. Login Menggunakan Akun Gmail

Panduan Menggunakan Google Classroom Dengan Gmail

Saat akan mengakses GCR, kamu harus login ke akun Gmail terlebih dahulu. Aplikasi GCR sudah terintegrasi dengan Gmail sehingga kamu hanya perlu masuk ke akunmu sebelum mulai menggunakan GCR.

Caranya adalah dengan membuka Google Classroom PC melalui link https://classroom.google.com/  lalu klik “get started” atau “mulai”. Setelah itu, pilih akun gmail untuk masuk ke classroom.

Jika sudah berhasil login, kamu bisa membuat kelas baru atau gabung dengan kelas yang sudah tersedia.

2. Buat Kelas Baru

Cara Membuat Google Classroom

Aplikasi GCR bisa digunakan oleh guru atau dosen untuk membuat kelas. Cara membuat kelas baru GCR sangat mudah yaitu klik tanda “+” yang berada di bagian pojok kanan atas.

Setelah itu, pilih “Buat Kelas” lalu isi nama kelas dan informasi singkat tentang kelas yang akan kamu buat. Klik “Create” atau “Buat” untuk membuat kelas baru.

Jika kelas berhasil dibuat maka akan muncul kode kelas yang bisa kamu bagikan pada murid agar dapat mengakses kelas yang telah kamu buat tadi.

3. Gabung ke Kelas

Cara menggunakan Google Classroom untuk gabung ke kelas pun tidaklah sulit. Kamu hanya perlu klik tanda “+” di bagian pojok kanan atas. Lalu pilih menu “Gabung Kelas”.

Cara Menggunakan Google Classroom Untuk Gabung Ke Kelas

Setelah itu kamu bisa memasukkan kode kelas dari guru atau dosen. Jika sudah berhasil masuk ke kelas tersebut, kelas akan otomatis tersimpan diakun GCRmu.

Bila kamu akan bergabung dikelas yang sama, kamu tidak membutuhkan kode kelas lagi. Namun, bila kamu akan masuk ke kelas lain, kamu wajib melakukan langkah yang sama dengan memasukkan kode kelas.

Fitur-Fitur Google Classroom

Aplikasi Classroom memiliki banyak fitur yang dapat mempermudah kamu mengakses kelas, membuat atau mengerjakan tugas, berdiskusi, dan lain sebagainya.

  • Fitur ‘Buat Kelas’ atau ‘Gabung Kelas’

Saat pertama kali masuk ke aplikasi GCR baik melalui PC maupun smartphone, kamu bisa langsung melihat kelas yang diikuti. Terdapat informasi singkat berupa nama kelas, mata pelajaran/mata kuliah, serta nama guru/dosen pengampu.

  • Fitur Daftar Tugas

Tidak perlu khawatir melewatkan deadline tugas di setiap kelas. Sebab, di halaman utama terdapat fitur daftar tugas. Pada menu ini kamu bisa melihat tugas apa saja yang sedang berlangsung maupun telah selesai.

Pada fitur ini pula kamu bisa melihat tugas apa saja yang harus kamu kerjakan. Jika ingin mengerjakan tugas kamu bisa langsung klik “tambah” atau “buat” pada bagian sisi kanan.

Kamu hanya perlu mengisi tugas sesuai format berupa link, dokumen, atau mengambil langsung dari Google Drive. Kamu juga dapat menghapus dan mengubah file tugas sebelum tenggat waktunya habis.

Ketika guru / dosen telah memberi nilai, kamu bisa langsung melihatnya di lembar tugas. Kamu pun bisa melakukan perbaikan jika diperlukan untuk memperbaiki nilai.

  • Fitur Forum

Selanjutnya, terdapat fitur forum yang bisa kamu gunakan untuk berdiskusi dengan dosen/guru. Kamu juga bisa berdiskusi secara private sehingga tidak dapat terlihat oleh anggota kelas lainnya.

  • Fitur Arsip Kelas

Pada fitur ini, semua pelajaran dan tugas dapat diarsipkan saat memulai tahun ajaran atau semester baru. Jadi, kelas yang sudah selesai tidak akan tampil di halaman utama.

Kelas yang tersimpan di arsip masih dapat kamu akses melalui fitur arsip. Namun, baik guru maupun murid tidak dapat mengubah kelas yang telah tersimpan di fitur ini.

Selain itu, pada aplikasi GCR bisa langsung terhubung dengan aplikasi Google Meet untuk membuat kelas daring. Kamu juga bisa melihat anggota yang tergabung pada kelas tersebut pada menu “Anggota”.

Pahami Penggunaanya, Nikmati Fitur-Fiturnya

Saat ini mulai banyak instansi pendidikan yang menggunakan Google Classroom sebagai platform tambahan untuk kegiatan belajar mengajar. Aplikasi gratis dari Google ini memiliki fitur yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan guru maupun siswa.

Dengan memahami cara menggunakan aplikasi GCR dan fitur-fiturnya, kamu bisa memaksimalkan penggunaan aplikasi ini. Sebelum mulai menggunakan Google Classroom, pahami panduan penggunaanya dan ikuti tahapan untuk mengoperasikannya.

Info Lainnya
Cara Membedakan Produk Apple Refurbished Yang Masih Bagus
Cara Membedakan Produk Apple Refurbished Yang Masih Bagus

Produk Apple Refurbished? Memang Baru-baru ini Apple mengumumkan akan menjual iPhone X refurbished untuk kali pertamanya. Industri teknologi yang bermarkas Baca lebih lajut

Chipset Deca Core Menjadikan Mediatek Bisa Ungguli Snapdragon
Chipset Deca Core Menjadikan Mediatek Bisa Ungguli Snapdragon

Belum kenal dengan Chipset Deca Core ? Memang sejauh ini yang sangat kerap terdengar dipergunakan sebagai mesin utama smartphone merupakan Baca lebih lajut

Seberapa Kuatkah Corning Gorilla Glass 3?
Seberapa Kuatkah Corning Gorilla Glass 3?

Corning Gorilla Glass 3 Tahan Banting? Memang smartphone digunakan 2,39 miliyar orang di segala dunia, bagi laporan eMarket. Dari 2,39 Baca lebih lajut

Ketahui 6 Kelebihan Android Marshmallow!
Ketahui 6 Kelebihan Android Marshmallow!

Memang saat Android Marshmallow adalah generasi ke enam dari sistem operasi mobile milik Google, Android. Dirilis pada Oktober 2015, Marshmallow Baca lebih lajut