Cara Membuat Website Sendiri Tanpa Coding

Rate this post

Cara Membuat Website Sendiri Tanpa Coding

Terpikir untuk membuat website? Kamu bisa membuatnya sendiri lho meskipun tidak punya keahlian coding. Ada cara membuat website yang mudah, bahkan untuk pemula sekalipun.

Di era ini, website sudah menjadi kebutuhan utama, khususnya bagi para pemilik bisnis. Website bisa diibaratkan sebagai rumah bagi bisnismu. Di sinilah kamu memberikan informasi-informasi penting seputar usahamu. Oleh karena jika memiliki usaha, kamu wajib memiliki website.

Adakah cara membuat website gratis di Google? Jawabannya tentu saja ada. Mari ikuti pembahasan lengkapnya berikut.

Tiga Langkah Mudah Persiapan Membuat Website

cara membuat website html

Sebelum mengeksekusi pembuatan website, mari kita rancang dulu website seperti apa yang ingin kamu buat agar sesuai dengan penggunaannya. Ikuti langkah-langkah berikut untuk cara membuat website gratis.

Tentukan Tipe Website

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tipe situs web. Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak sekali jenis website di internet. Menentukan tipe website akan memudahkan langkah selanjutnya.

Dari sekian banyak tipe website yang ada, berikut adalah beberapa yang paling umum yang perlu kamu tahu.

Pertama, ada website yang berupa blog. Blog adalah jenis website pribadi yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat artikel dengan berbagai topik. Jika kamu memang fokus pada konten artikel dan ingin mendapatkan uang dari hasil menulis konten, jenis website ini adalah yang terbaik untukmu.

Kemudian, ada pula website edukasi. Untuk kamu yang punya keahlian tertentu dan ingin membagikannya lewat website, gunakan website tipe ini. Kamu bisa menawarkan keanggotaan dengan membuka kursus online untuk orang-orang yang ingin belajar lebih dalam dan lebih eksklusif tentang topik yang kamu ajarkan.

Selanjutnya, tipe website yang tak kalah populer adalah website toko online. Seperti namanya, website ini digunakan untuk berjualan secara online. Website untuk toko online tidak sesederhana dua jenis website yang sebelumnya. Kamu perlu fitur keamanan tambahan seperti SSL certificate dan payment gateway.

Tipe website apa yang ingin kamu pilih? Sesuaikan dengan tujuan awal membuat website, ya.

Tentukan Web Hosting

Hosting ini seperti gudang dalam dunia nyata. Hosting adalah tempat di mana kamu menyimpan semua data-data yang ada dalam website. Semakin besar hosting yang kamu sediakan, semakin baik pula performa web yang nantinya akan kamu kelola.

Pembuatan website memang tidak membutuhkan biaya jika kamu melakukannya sendiri. Namun, kamu tetap perlu membayar biaya hosting. Dalam hal ini, kamu bisa memilih beberapa jenis hosting yang tersedia, yakni shared hosting, cloud hosting, serta VPS hosting.

Ketiganya memiliki kelebihan masing-masing. Untuk tahap awal, kamu bisa memilih shared hosting yang lebih murah dan fully managed. Meskipun kapasitas traffic yang bisa ditampung lebih sedikit, shared hosting tetap direkomendasikan untuk para pemula.

Baca Juga:  Booting: Mengenal Apa Itu Booting, Fungsi, dan Jenisnya

Tentukan Nama Domain

Jika hosting adalah rumah, domain adalah alamat untuk situs kamu. Pilihlah nama domain yang unik dan sesuai dengan bisnismu. Kamu juga perlu menentukan ketersediaan domain karena jika domain pilihanmu sudah digunakan oleh orang lain, kamu tidak bisa lagi menggunakannya.

Ini adalah tiga langkah mudah yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membuat website, selanjutnya untuk pembuatannya mari kita andalkan website builder. Dengan website builder, kamu tidak perlu repot-repot memikirkan coding-nya.

Hal-hal tentang coding bisa kamu pelajari setelah website sudah jadi. Langsung saja ikuti pembahasan berikut.

Lebih Sederhana, Manfaatkan Website Builder WordPress

membuat website

Website builder adalah sebuah platform yang memudahkan kamu untuk membangun website sendiri. Cara kerjanya sangat sederhana, yakni tinggal pilih template, optimasi website, dan publikasi website.

Atas dasar kemudahan dan kesederhanaannya tersebut, website builder sangat diandalkan untuk para pemula. Ada banyak website builder yang ada. Di sini, yang paling kami rekomendasikan adalah WordPress.

Di Indonesia, WordPress adalah platform website yang paling populer. Ketika kamu memilih WordPress, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Keuntungan yang paling menarik adalah ada komunitas yang bisa kamu tanyai ketika ada kendala dalam mengelola website. Sangat menarik, bukan?

Untuk membuat website di WordPress, kamu harus mempunyai hosting dan domain. Setelah itu, kamu tinggal mengoptimasinya di Dashboard WordPress.

Tinggal Pilih Template Website

WordPress menyediakan berbagai template siap pakai untukmu. Pilih saja yang paling sesuai dengan bisnismu. Ada banyak template yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Bisa Menambahkan Sitemap

Setelah memilih tema, jangan lupa untuk membuat sitemap, ya. Sitemap ini adalah daftar halaman website yang berfungsi untuk memberikan petunjuk kepada pengunjung dan juga search engine. Kamu bisa menggunakan Yoast SEO atau Sitemap XML untuk mengatur sitemap.

Bagian ini butuh dipelajari lebih lanjut ya. Sitemap akan mempengaruhi peringkat website milikmu di mesin pencari. Jadi, kamu tidak boleh menyepelekannya.

Bisa Install banyak Plugin Pelengkap

Untuk memudahkan kamu dalam mengelola website milikmu, silakan install berbagai plugin penting. Kelebihan WordPress adalah kamu bisa menginstall lebih banyak plugin penting untuk mendukung pengembangan website.

Plugin pertama yang paling penting dan harus ada adalah Plugin SEO. Kamu pasti sudah mendengar tentang SEO, bukan? SEO kependekan dari search engine optimization. Ini adalah sebuah tools yang menilai seberapa baik halaman website milikmu di mesin pencari.

Baca Juga:  Cara Daftar Indihome Online dan Offline Lengkap Syaratnya

Pengaturan tentang SEO perlu kamu tambahkan saat pertama kali membuat website. Dengan begitu, setidaknya kamu bisa menilai seberapa bagus kontenmu di mata mesin pencari.

Selanjutnya, kamu juga perlu menginstall plugin backup. Kamu pasti tahu kata-kata pepatah tentang lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Untuk menghindari hilangnya data-data penting yang ada di website, kamu bisa menggunakan plugin tersebut.

Dengan menginstall plugin back up, data-data akan ter-back up secara otomatis. Plugin ini pun banyak jenisnya. Kamu bisa pilih yang terbaik.

Terakhir, sebelum memposting konten atau mengelola lebih jauh websitemu, jangan lupa untuk mengatur keamanan WordPress, ya.

Ketika baru pertama kali membuat website, keamanan WordPress masih default. Artinya, kamu masih perlu melakukan penyesuaian. Lakukan saja penyesuaian-penyesuaian dasar untuk melindungi websitemu.

Cara membuat website toko online pun mirip-mirip seperti yang sudah dijelaskan di sini, ya. Kamu sangat bisa untuk menggunakan WordPress. Website builder ini adalah yang termudah dan yang terbaik untuk kamu yang masih pemula.

Kesimpulan

Setelah mempelajarinya, ternyata membuat website tidak serumit yang ada di pikiranmu, bukan? Saat ini kamu bisa memanfaatkan kemudahan membuat website dari website builder. WordPress adalah yang paling umum. Namun, kamu juga bisa mengandalkan banyak website builder lainnya.

Untuk kamu yang butuh website untuk bisnis website untuk bisnis yang kamu kelola sekarang, cobalah untuk membuat website sendiri, ya. Penjelasan cara membuat website ini sudah kami buat dengan sederhana dan jelas agar kamu bisa dengan mudah mengikutinya. Semoga bermanfaat!

Info Lainnya
Cara Login dan Pemutakhiran Data ASN di My SAPK BKN
Cara Login dan Pemutakhiran Data ASN di My SAPK BKN

Sekarang proses pemutakhiran data ASN bisa dilakukan dengan lebih mudah dan akurat. Semua ASN bisa bisa melakukannya melalui aplikasi yang Baca lebih lajut

9 Cara Mengubah Video Menjadi Audio Tanpa Ribet
9 Cara Mengubah Video Menjadi Audio Tanpa Ribet

Perkembangan teknologi yang canggih membuat pengguna internet kini dengan mudah mendapat konten berupa video maupun audio. Akan tetapi, dalam beberapa Baca lebih lajut

8 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara dengan Mudah
8 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara dengan Mudah

WhatsApp (WA) telah menjadi alat komunikasi yang populer dan paling banyak orang gunakan, utamanya di Indonesia. Namun ada banyak alasan Baca lebih lajut

Cara Melihat Kunci Jawaban Di Google Form, 100% Berhasil!
Cara Melihat Kunci Jawaban Di Google Form, 100% Berhasil!

Selama masa pandemi, proses belajar mengajar menjadi berubah drastis. Ujian yang biasanya tatap muka, kini bisa melalui ujian online dengan Baca lebih lajut