Cara Membuat CV di Word, Simpel dan Mudah!

Rate this post

Cara Membuat CV di Word, Simpel dan Mudah!

CV yang menarik adalah kunci sukses dalam usaha mendapatkan pekerjaan. Tahukah kamu bahwa kamu tidak perlu belajar photoshop untuk bikin CV dengan optimal. Lewat artikel ini, kamu akan mengetahui cara membuat CV di Word yang simple dan mudah.

Kamu mungkin berpikir bahwa membuat CV membutuhkan keahlian khusus. Namun, nyatanya kamu bisa membuatnya sendiri bahkan tanpa perlu mempelajari Photoshop, Illustrator atau Corel Draw.

Kini, kamu bisa membuat CV yang unik hanya dengan menggunakan Microsoft Word. Yuk, pelajari cara lengkapnya!

2 Cara Membuat CV di Microsoft Word

Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat CV di Microsoft Words. Yang pertama adalah membuat CV dengan template dan yang kedua adalah membuat CV tanpa template.

Kamu bisa mempelajari langkah mudah untuk melakukan keduanya di sini.

Cara Membuat CV di Word dengan Template

Cara Membuat CV di Word dengan Template

Cara pertama merupakan cara yang sangat mudah. Terlebih lagi, untuk kamu yang membutuhkan CV-mu jadi dalam secepat kilat.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah download template CV Word, lalu mengubah isinya sesuai dengan data dirimu sendiri. Mudah bukan?

Lalu, di mana kamu bisa mendapatkan contoh CV di Word atau template yang menarik? Berikut ini adalah beberapa tautan yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan download template CV di Word!

Kamu bisa mengunduh terlebih dahulu salah satu dari ketiga template di atas selanjutnya mengikuti langkah pembuatan CV dengan template di bawah ini.

  1. Pertama-tama, kamu harus terlebih dahulu membuka aplikasi Microsoft Word yang tersedia di desktop.
  2. Kemudian kamu harus mengklik menu file dan memilih menu “New”. Akan muncul sebuah mesin pencari. Ketiklah CV kemudian tekanlah tombol Enter. Semua CV bawaan Microsoft Words akan muncul sebagai hasil pencarian.
  3. Kemudian, pilihlah salah satu template yang kamu suka atau yang sudah kamu download sebelumnya.
  4. Jika kamu sudah menemukan template yang kamu inginkan, maka kamu bisa klik template tersebut. Microsoft Words kemudian akan membawamu ke lembaran baru di mana kamu bisa melihat template pilihan kamu secara lebih dekat. Pada lembar ini, kamu cukup mengklik create untuk memulai mengedit template.
  5. Template CV yang kamu pilih akan terbuka secara otomatis dalam Words
  6. Selanjutnya, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengubah data-data di dalamnya sesuai dengan data yang kamu inginkan.
  7. Selesai mengedit kamu bisa menyimpan CV lalu mencetaknya untuk melengkapi data-data lamaran kerja.
Baca Juga:  Apakah Heading Adalah Judul? Cari Tahu Yuk agar Lebih Paham!

Cara Membuat CV di Word Tanpa Template

Cara Membuat CV di Word Tanpa Template

Sebelum kamu mulai membuat CV sendiri, perlu kamu ketahui bahwa setiap CV atau Curriculum Vitae merupakan ringkasan dari pengalaman pendidikanmu sendiri.

Karena setiap orang memiliki pengalaman yang tentu saja berbeda-beda, maka sangatlah wajar jika kamu ingin membuat desain CV yang mencerminkan dirimu sendiri.

Oleh karena itu, kamu perlu mengikuti cara membuat CV di Word tanpa template untuk mendapatkan tampilan CV yang persis seperti keinginanmu.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mulai membuatnya:

  1. Pertama-tama, bukalah sebuah dokumen kosong lewat Microsoft Words.
  2. Selanjutnya, kamu bisa memulai dengan melakukan pengaturan margin terlebih dahulu. Kamu bisa menemukan menu ini di Layout > Margin.
  3. Kamu akan mendapatkan menu drop down yang memberikan beberapa opsi dan pilihan margin untuk kamu pilih sendiri. Jika kamu tidak dapat menemukan pilihan margin yang tepat maka kamu dapat membuat sendiri margin dengan klik “Custom margins” pada bagian bawah menu.
  4. Kamu bisa memberikan background ke dalam CV buatanmu dengan menggunakan opsi “Shapes” yang terletak pada menu “Insert”.
  5. Lalu, untuk menambahkan ikon-ikon khusus kamu dapat menggunakan opsi “Insert Pictures”. Jangan lupa untuk mengunduh terlebih dahulu ikon yang hendak kamu pakai sebelum memasukkannya ke dalam file Word.
  6. Kamu bisa bermain-main dengan shapes, icons, dan pictures hingga kamu menemukan model CV yang benar-benar mencerminkan dirimu sendiri.

Cara membuat CV di Word simple sekali, bukan? Kamu bisa menggunakan cara ini kapan pun kamu membutuhkannya.

Hal Penting yang perlu diperhatikan dalam Konten CV Kamu!

Cara Mudah Membuat CV di Word

Setelah kamu selesai bermain-main dengan bentuk dan ikon, ada baiknya kamu mengisi CV dengan konten intinya. Ini merupakan bagian yang penting setelah kamu mengikuti cara membuat CV di Word tanpa template.

Selanjutnya, apa saja yang perlu kamu masukkan ke dalam sebuah CV yang baik?

Header CV

Header CV terletak di bagian paling atas dalam dokumen. Kamu perlu mengingat ini dengan baik. Terlebih lagi, jika kamu memutuskan untuk mengikuti cara membuat CV di Word  tanpa template.

Dalam sebuah header kamu perlu menyebutkan beberapa hal berikut ini:

  • Nama lengkap
  • Status pekerjaanmu yang sekarang
  • Nomor Telepon
  • Email
  • Tautan menuju profile atau situs profesional-mu jika ada.

Karena nama lengkapmu merupakan bagian yang paling penting dalam sebuah CV, pastikan juga kamu menggunakan font yang lebih besar untuk ini. Tergantung pada pilihan font, kamu bisa memakai ukuran 14 hingga 16 untuk font nama lengkap.

Baca Juga:  7 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark

Objective atau Ringkasan

Bagian kedua dari sebuah CV adalah ringkasan pengalaman kerja yang membuat kamu merasa layak untuk mengisi lowongan pekerjaan.

Jika kamu belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa mengisinya dengan kemampuan yang menurutmu paling relevan terhadap posisi yang kamu lamar.

Tentu saja, bagian ini dapat kamu ubah atau kamu sesuaikan setiap kali kamu melamar pada perusahaan berbeda. Ini sangatlah penting karena setiap perusahaan tentu punya nilai-nilai sendiri yang membuatnya berbeda dari lainnya.

Pengalaman Kerja

Jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja, maka kamu harus menjabarkannya dalam CV.

Pada bagian ini, pastikan untuk menulis tidak hanya perusahaan tempat kamu bekerja melainkan juga posisi dan achievement yang telah kamu raih saat bekerja di sana.

Pendidikan

Perhatikan! Pada bagian ini, orang umumnya akan menuliskan pendidikan dari TK hingga universitas. Faktanya, kamu tidak perlu menjejalkan semuanya ke dalam sebuah CV.

Kamu cukup menempatkan pendidikan terakhir atau sertifikasi yang paling relevan dengan persyaratan perusahaan. Tujuannya, supaya perusahaan penerima lamaran dapat dengan cepat mengetahui apakah kamu orang dengan kualifikasi yang mereka cari.

Kemampuan atau skills Tambahan

Pada bagian terakhir, kamu bisa menempatkan kemampuan atau skill tambahan yang merupakan nilai tambah bagi perusahaan.

Kamu tentu saja tidak perlu mencantumkan semua hobimu di sini. Sekali lagi, pilihlah skill yang paling relevan dengan posisi yang hendak kamu lamar.

Kesimpulan

Selain menarik, CV kamu juga harus efektif. Pastikan kamu mengikuti semua cara membuat CV di Word untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Info Lainnya
Cara Buka Rekening BRI Online Mudah dan Langsung Aktif
Cara Buka Rekening BRI Online Mudah dan Langsung Aktif

Buka rekening BRI Online adalah cara praktis untuk kamu yang tidak mau repot pergi ke bank. Dengan memanfaatkan teknologi, kamu Baca lebih lajut

Cara Login dan Pemutakhiran Data ASN di My SAPK BKN
Cara Login dan Pemutakhiran Data ASN di My SAPK BKN

Sekarang proses pemutakhiran data ASN bisa dilakukan dengan lebih mudah dan akurat. Semua ASN bisa bisa melakukannya melalui aplikasi yang Baca lebih lajut

9 Cara Mengubah Video Menjadi Audio Tanpa Ribet
9 Cara Mengubah Video Menjadi Audio Tanpa Ribet

Perkembangan teknologi yang canggih membuat pengguna internet kini dengan mudah mendapat konten berupa video maupun audio. Akan tetapi, dalam beberapa Baca lebih lajut

8 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara dengan Mudah
8 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara dengan Mudah

WhatsApp (WA) telah menjadi alat komunikasi yang populer dan paling banyak orang gunakan, utamanya di Indonesia. Namun ada banyak alasan Baca lebih lajut