Cara Membatasi Pengguna WiFi: 4 Metode anti Lemot

Rate this post

Cara Membatasi Pengguna WiFi: 4 Metode anti Lemot

Internet kamu lemot? Ini saatnya untuk belajar cara membatasi pengguna WiFi di rumah!

Kamu pasti paling memahami bahwa kebutuhan akan internet semakin tidak bisa kamu pisahkan dari kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi, internet memang kamu gunakan untuk berbagai hal termasuk sekolah, bekerja, dan bahkan hiburan sehari-hari. 

Inilah yang akhirnya mendorong banyak orang beramai-ramai memasang fasilitas WiFi di rumah sendiri. Tentu saja, WiFi memang termasuk salah satu solusi efektif dan murah meriah terutama jika penghuni rumah kamu sangatlah banyak. 

Sayangnya, seiring dengan berjalannya waktu koneksi internet terkadang menjadi lambat. Terlebih lagi, ketika kamu kedatangan tamu yang dengan seenaknya sendiri menggunakan internet untuk mengunduh film panjang. 

Menyebalkan bukan? 

Kecepatan internet yang turun sering kali membuat kamu merasa frustasi. Terutama ketika kamu benar-benar membutuhkannya untuk bekerja atau melakukan tugas sekolah. 

Nah, artikel ini akan membahas cara membatasi penggunaan WiFi yang dapat efektif mencegah sembarangan orang mengakses internet kamu. Mau tahu cara lengkapnya? Baca terus artikel ini sampai selesai, ya! 

Tutorial Membatasi Pengguna WiFi Fiberhome

Tutorial atau Cara Membatasi Pengguna WiFi Fiberhome

Indihome Fiber merupakan layanan internet yang paling umum di Indonesia. Namun, jangan khawatir! Kamu tetap dapat membatasi pengguna WiFi pada layanan ini. 

Berikut ini adalah cara membatasi pengguna WiFi Fiberhome di rumah kamu sendiri: 

  1. Pertama-tama, kamu dapat menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi yang hendak kamu batasi penggunanya. 
  2. Selanjutnya, kamu perlu membuka web browser melalui perangkat tersebut. IP yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan akses ke panel admin adalah 192.168.1.1.
  3. Setelah kamu masuk ke panel admin, kamu harus memasukkan nama pengguna serta kata sandi sebelum dapat mengakses pengaturan lengkapnya. Biasanya, kamu bisa mengisinya dengan kata “admin” pada kedua kolom tersebut. 
  4. Selanjutnya, kamu akan menemukan menu panel admin yang berisi beberapa pengaturan WiFi. Yang perlu kamu lakukan adalah klik Network > Wlan Settings > WiFi Control
  5. Kemudian, kamu akan sampai pada kolom SSID. Di sini kamu bisa membatasi pengguna dengan mengatur jumlahnya. 
  6. Caranya sangatlah mudah, kamu cukup memasukkan angka sesuai dengan batasan pengguna yang kamu inginkan. Misalnya, ketika kamu ingin hanya ada 4 orang yang login ke dalam WiFi maka kamu dapat mengisi kolom SSID dengan angka 4. 
  7. Selanjutnya, kamu dapat menyimpan pengaturan ini dengan menekan tombol “Apply”. Tutorial Membatasi Pengguna di Modem Huawei

Tutorial Membatasi Pengguna di Modem Huawei 

Modem Huawei merupakan salah satu modem yang paling sering kamu dapatkan ketika memasang WiFi di rumah. Apa pun layanan internet kamu, modem ini merupakan unggulan di kelasnya. 

Apabila kamu mendapatkan modem ini, kamu bisa mempelajari cara membatasi pengguna WiFi Huawei dengan beberapa langkah mudah. Berikut ini adalah cara membatasi pengguna WiFi Huawei HG8245H5

  1. Pertama-tama, kamu dapat menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi yang hendak kamu batasi penggunanya. 
  2. Selanjutnya, kamu perlu membuka web browser melalui perangkat tersebut. IP yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan akses ke panel admin modem Huawei adalah 192.168.100.1.
  3. Setelah masuk ke panel admin, kamu harus memasukkan nama pengguna serta kata sandi sebelum dapat mengakses pengaturan lengkapnya. Biasanya, kamu bisa mengisinya dengan kata “admin” pada kedua kolom tersebut. Jika tidak bisa, kamu dapat menanyakannya kepada provider yang kamu gunakan. 
  4. Selanjutnya, kamu harus membuka menu WLAN > WLAN Basic Configuration
  5. Kemudian, kamu dapat membatasi SSID dengan cara memilih nominal pengguna yang kamu inginkan. Pengaturan ini dapat kamu lakukan melalui kolom “Number of Associated Devices”.
  6. Setelah kamu selesai melakukannya, kamu dapat menyimpan pengaturan tersebut dengan cara menekan tombol “Apply”. 
  7. Berhasil! Kamu bisa menggunakan cara membatasi pengguna WiFi Huawei ini di Huawei tipe HG8245H5. 

Tutorial Membatasi Pengguna Modem ZTE

Tutorial Membatasi Pengguna Modem ZTE

Beberapa provider sering juga menggunakan modem ZTE dan TP Link untuk melayani pelanggan. Tidak perlu khawatir, kamu juga tetap bisa menerapkan pembatasan pengguna ketika menggunakan modem jenis ini. 

Cara melakukannya pun hampir sama dengan kedua modem di atas. Berikut ini adalah cara membatasi pengguna WiFi TP Link

  1. Pertama-tama, kamu dapat menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi yang hendak kamu batasi penggunanya. 
  2. Selanjutnya, kamu perlu membuka web browser melalui perangkat tersebut. IP yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan akses ke panel admin modem Huawei adala  192.168.1.1.
  3. Setelah kamu masuk ke panel admin, kamu harus memasukkan nama pengguna serta kata sandi sebelum dapat mengakses pengaturan lengkapnya. Biasanya, kamu bisa mengisinya dengan kata “admin” pada kedua kolom tersebut. Jika tidak bisa, kamu dapat menanyakannya kepada provider yang kamu gunakan.
  4. Selanjutnya, kamu dapat membuka menu network > SSID settings
  5. Di sini, kamu bisa memilih SSID yang hendak kamu batasi penggunanya. 
  6. Masukkan jumlah maksimal dengan ke dalam kolom “Maximum clients”. Kamu bisa mengisinya dengan minimal 1 hingga maksimal 32 pengguna. 
  7. Kemudian, untuk menyimpan dan mengaplikasikan pengaturan ini secara instan, kamu bisa menekan tulisan “Submit”.

Tutorial Membatasi Pengguna WiFi dengan NetCut

Tutorial Membatasi Pengguna WiFi dengan NetCut 

Kamu barangkali tidak terlalu yakin dengan merek modem yang kamu gunakan. Dalam hal ini, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, kamu tetap bisa membatasi pengguna dengan aplikasi tambahan, yaitu NetCut

Aplikasi ini memungkinkanmu untuk membatasi pengguna apa pun jenis modemnya. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi ini kemudian menjalankannya untuk menerapkan pembatasan. 

Bagaimana cara membatasi pengguna WiFi indihome dengan NetCut? Simak langkah-langkah mudah berikut ini! 

  1. Pertama-tama, kamu perlu terlebih dahulu mengunduh dan menginstal aplikasi NetCut. 
  2. Kemudian, kamu perlu membuka aplikasi tersebut agar dapat masuk ke panel menu utama. Di bagian ini, kamu dapat melihat secara langsung perangkat apa saja yang sedang terhubung dengan WiFi kamu. 
  3. Selanjutnya, kamu bisa langsung melakukan pembatasan terhadap pengguna dengan cara memutus koneksi perangkat yang sedang terhubung. 
  4. Caranya sangat mudah, yaitu dengan klik bagian kiri nama perangkat yang ingin kamu putus atau kamu blokir. Setelah itu, perangkat tersebut otomatis akan keluar dari jaringan koneksi. 
  5. Apabila kamu ingin memutus semua perangkat yang sedang terkoneksi, kamu dapat melakukannya secara langsung dengan menekan “Cut off All”. Dengan cara ini, kamu dapat menghemat waktu karena tidak perlu klik satu per satu. 
  6. Sedangkan, ketika kamu menghendaki sambungan kembali ke dalam WiFi, kamu bisa mengembalikan koneksi dengan menekan tombol pada bagian kiri perangkat. 
  7. Lalu, apa yang harus kamu lakukan agar dapat menghubungkan langsung perangkat yang tersedia lagi? Kamu bisa melakukan ini secara otomatis dengan hanya klik “Resume All”.

Kesimpulan

Ada banyak cara membatasi pengguna WiFi untuk menjaga kecepatan internet. Kamu bisa memilih dari 4 metode di atas dan menghindari koneksi lambat. Selamat mencoba!

Info Lainnya
Cepat dan Terampil, Cara Ekstrak File Part Agar Menjadi 1 Folder
Cepat dan Terampil, Cara Ekstrak File Part Agar Menjadi 1 Folder

Pekerjaan zaman now seringkali menuntutmu untuk bisa berkolaborasi, bukan? Hal yang sama terjadi sama kamu yang masih sekolah. Ya, kan? Baca lebih lajut

Cara Hapus Akun Zoom, Paling Simple
Cara Hapus Akun Zoom, Paling Simple

Aplikasi Zoom, aplikasi video call dan video conference yang lagi tren dengan jutaan pengguna telah dipercaya banyak perusahaan besar sebagai Baca lebih lajut

Apa itu Whatsapp GB? dan Fitur Apa yang Dimiliki
Apa itu Whatsapp GB? dan Fitur Apa yang Dimiliki

Pada 2 Februari 2021, WA GB masuk jajaran trending topik Indonesia. Hal itu ternyata merujuk pada WhatsApp GB, salah satu Baca lebih lajut