Cara Login dan Pemutakhiran Data ASN di My SAPK BKN

Rate this post

Cara Login dan Pemutakhiran Data ASN di My SAPK BKN

Sekarang proses pemutakhiran data ASN bisa dilakukan dengan lebih mudah dan akurat. Semua ASN bisa bisa melakukannya melalui aplikasi yang dibuat khusus oleh BKN yang bernama My SAPK BKN.

Dengan adanya aplikasi ini, kamu sebagai pegawai ASN diharuskan melakukan pemutakhiran data ASN secara mandiri. Dan pastikan untuk melakukan pembaharuan dengan memasukkan data yang akurat dan terbarukan. Karena data akan langsung terintegrasi dengan data ASN Nasional.

MY SAPK BKN

Apa Itu Aplikasi My ASPK?

My SAPK adalah aplikasi yang dibuat secara khusus oleh BKN bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS). Semua data yang ada di dalam aplikasi ini sudah terintegrasi secara langsung dengan database PNS Nasional.

Semua PNS bisa dengan mudahnya mengakses data kepegawainnya hanya dalam aplikasi My SAPK ini. Banyak data yang bisa mereka akses yang erat kaitannya dengan data kepegawaian mereka sebagai ASN.

Secara tidak langsung kehadiran aplikasi My ASPK ini bisa membuat data ASN dengan lebih akurat. Pasalnya pihak yang melakukan pembaharuan adalah pegawai ASN sendiri. Sehingga data yang mereka masukkan bakal lebih akurat dan terbarukan.

Kenapa My  SAPK BKN Dibuat?

Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah pekerjaan supaya bisa diselesaikan dengan cepat. Keberadaan aplikasi My SAPK BKN bisa mempermudah proses pemutakhiran data mandiri dengan lebih cepat dan mudah.

Sebelum adanya aplikasi My SAPK BKN, banyak data ganda, tidak akurat, tidak lengkap, dan hilang pada data ASN. Oleh sebab itulah aplikasi itu dibuat sehingga data ASN tersebut bisa diakses secara nasional.

Latar belakang pembuatan aplikasi My SAPK BKN ini adalah ASN tidak bisa melakukan pengecekan data secara pribadi. Proses pengecekan dan pemutakhiran data hanya dapat dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi masing-masing.

Karena hanya dilakukan oleh satu pihak terkait saja, maka banyak terjadi penumpukan data. Bahkan ada banyak data ganda yang sangat sulit untuk diatasi.

Namun hal seperti itu seharusnya tidak terjadi lagi ketika sudah menggunakan My SAPK BKN. Karena proses pemutakhiran data dilakukan secara mandiri oleh setiap ASN yang bersangkutan.

Tujuan lainnya dari pembuatan My SAPK ini antara lain sebagai berikut.

  1. Pedoman sekaligus acuan dalam penyelenggaraan aplikasi secara virtual dimana proses pemutakhiran dapat dilakukan secara mandiri.
  2. Memberikan data yang lebih akurat, terbarukan, terpadu, dan berkualitas, sehingga akan menciptakan interoperabilitas data ASN.
  3. Data terpusat dimana hanya terdapat satu data ASN saja, sehingga kualitas dan integritas data akan meningkat.
Baca Juga:  Baca Komik dan Manga Gratis? Komiku Tempatnya

Adapun manfaat yang akan diperoleh ketika menggunakan aplikasi My SAPK BKN adalah sebagai berikut.

  1. Mempermudah ASN dalam proses penyimpanan data atau informasi.
  2. Mempermudah ASN untuk menyampaikan informasi pribadi atau data sendiri secara langsung ke database BKN.
  3. ASN bisa lebih mudah dan cepat dalam mengubah informasi.
  4. Mengatasi permasalahan administrasi ketenagakerjaan milik ASN Indonesia bisa lebih mudah.
  5.  Mempermudah ASN untuk melihat status kepegawainnya di BKN.
  6. Mempermudah BKN dalam memperbaharui informasi dan data milik ASN atau pegawai.

Fitur Aplikasi My SAPK BKN

Jika kamu adalah ASN, sangat penting untuk mengetahui fitur apa saja yang ada di dalam aplikasi My SAPK BKN. Karena pasti kamu akan sering memakai aplikasi ini. Berikut ini adalah fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Profil PNS

Pada profil PNS ini, kamu akan melihat posisi, jabatan, dan golongan. Secara garis besar fitur ini akan menampilkan informasi pribadi.

Pengubahan Data

Kamu juga bisa melakukan perubahan data pegawai di dalam aplikasi My SAPK BKN. Data yang bisa kamu ubah diantaranya adalah nomor telepon, alamat email, BPJS, NPWP, dan alamat rumah.

My KPE

My KPE (Kartu Kepegawaian Elektronik) adalah kartu pegawai secara virtual. KPE ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti BPJS KEsehatan, Bapertarum, dan PT Taspen.

Cara penggunaannya sangat mudah dimana kamu tinggal download KPE pada aplikasi. Kemudian print.

Otentifikasi SK

Kamu bisa mengetahui SK yang dikeluarkan oleh SAPK melalui fitur yang bernama Otentifikasi SK.

Pelacakan

Fitur Pelacakan sangat penting bagi para ASN. Fungsinya yaitu untuk mengetahui proses kepegawaian yang kamu miliki.

Personalisasi

Kalau kamu ingin mengganti password atau lupa, manfaatkan saja fitur ini di My SAPK BKN.

MY SAPK BKN

Panduan Masuk ke Aplikasi SAPK BKN

Kamu yang ingin melakukan pembaharuan di My SAPK BKN bisa melakukannya di perangkat Mobile. Sebelumnya kamu harus download terlebih dahulu aplikasinya melalui Google Play Store. Jika kamu menggunakan iPhone, aplikasi dapat kamu download di App Store.

Aplikasi yang ada di Play Store atau App Store bernama My SAPK BKN. Silahkan download dan install aplikasi tersebut supaya dapat digunakan.

Setelah berhasil kamu install aplikasinya, kamu bisa login My SAPK BKN 2021. Langkah cara mengisi my SAPK BKN bisa kamu lihat di bawah ini.

  1. Aplikasi My SAPK yang telah kamu install silahkan untuk dibuka.
  2. Setelah masuk ke dalam aplikasi, klik “lupa password”
  3. Pada form yang tersedia silahkan untuk memasukkan NIP dan email yang telah kamu daftarkan ke Kanreg BKN.
  4. Cek email My SAPK BKN yang kamu masukkan untuk melihat nomor token yang akan kamu gunakan untuk login.
  5. Masukkan nomor token dan password baru di dalam aplikasi My SAPK.
  6. Jika berhasil login ke dalam aplikasi, kamu akan diminta untuk memasukkan NIP dan password yang sebelumnya kamu buat.
Baca Juga:  Cara Membuat Background Biru Pada Foto dengan PC dan HP

Jika telah berhasil login ke dalam aplikasi, kamu sudah bisa melakukan pemutakhiran data di My SAPK BKN. Lalu bagaimana jika My SAPK BKN tidak bisa login?

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah nomor token yang kamu masukkan sudah benar. Kemudian perhatikan juga NIP yang kamu masukkan sudah terdaftar di BKN. Selain itu masukkan password dengan benar.

Cara Memutakhirkan Data ASN di Aplikasi My SAPK

Seharusnya kamu sudah bisa memutakhirkan data ASN kamu secara mandiri di dalam aplikasi My SAPK. Namun sebelum melakukan proses tersebut, persiapkan dokumen yang diperlukan terlebih dahulu.

Dokumen yang telah kamu persiapkan itu nantinya akan diunggah ke dalam aplikasi My SAPK BKN. Untuk langkah-langkah memutakhirkan data ASN kamu bisa lihat di bawah ini.

  1. Silahkan untuk masuk terlebih dahulu ke halaman My SAPK BKN
  2. Jika sudah masuk, pilih menu “pemutakhiran data mandiri”.
  3. Lakukan pemeriksaan dan verifikasi data ASN kamu pada setiap riwayatnya.
  4. Upload dokumen yang sebelumnya telah kamu persiapkan untuk melengkapi riwayat pemutakhiran.
  5. Kirim pengajuan pemutakhiran data ASN kamu dan jangan lupa untuk download buktinya.

Kesimpulan

Keberadaan aplikasi My SAPK BKN seharusnya bisa mempermudah proses administrasi ASN maupun BKN. ASN bisa melakukan pemutakhiran dan pengecekan data secara mandiri. Dengan begitu, kejadian terjadinya penumpukan data bisa diatasi dengan lebih mudah.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai aplikasi My SAPK BKN. Cara aktivasi maupun proses pemutakhiran data ASN juga dapat kamu perhatikan caranya di atas. Jadi sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukan proses pemutakhiran data sekarang.

Info Lainnya
Cara Buka Rekening BRI Online Mudah dan Langsung Aktif
Cara Buka Rekening BRI Online Mudah dan Langsung Aktif

Buka rekening BRI Online adalah cara praktis untuk kamu yang tidak mau repot pergi ke bank. Dengan memanfaatkan teknologi, kamu Baca lebih lajut

9 Cara Mengubah Video Menjadi Audio Tanpa Ribet
9 Cara Mengubah Video Menjadi Audio Tanpa Ribet

Perkembangan teknologi yang canggih membuat pengguna internet kini dengan mudah mendapat konten berupa video maupun audio. Akan tetapi, dalam beberapa Baca lebih lajut

8 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara dengan Mudah
8 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara dengan Mudah

WhatsApp (WA) telah menjadi alat komunikasi yang populer dan paling banyak orang gunakan, utamanya di Indonesia. Namun ada banyak alasan Baca lebih lajut

Cara Melihat Kunci Jawaban Di Google Form, 100% Berhasil!
Cara Melihat Kunci Jawaban Di Google Form, 100% Berhasil!

Selama masa pandemi, proses belajar mengajar menjadi berubah drastis. Ujian yang biasanya tatap muka, kini bisa melalui ujian online dengan Baca lebih lajut