Cara Jadi Youtuber untuk Pemula, Sukses Menghasilkan Uang!

Rate this post

Cara Jadi Youtuber untuk Pemula, Sukses Menghasilkan Uang!

Buat kamu yang punya cita-cita jadi youtuber masih belum terlambat. Kesempatan kamu menjadi seorang Atta Halilintar atau Baim Wong masih sangat mungkin dan terbuka. Pelajari bagaimana cara jadi youtuber untuk pemula yang terbukti sukses bisa menghasilkan banyak uang.

Cara Jadi Youtuber Sukses untuk Pemula

Jadi youtuber nggak cuma modal bisa akting di depan kamera, ada banyak hal yang juga perlu kamu kuasai. Kecuali kalau kamu punya modal yang cukup untuk membuat tim produksi konten professional.

Namun, sebelum ke situ, kamu perlu tahu nih apa aja sih rahasia menjadi youtuber pemula yang sukses dengan ratusan ribu subscriber atau lebih. Apa saja?

Menetapkan Target Sukses yang Terukur

Menjadi youtuber memiliki tiga tolak ukur kesuksesan yang bisa kamu raih. Mulai dari jumlah subscriber yang banyak, engagement berupa komen, like, dan share yang tinggi hingga target monetisasi youtube.

Nah, semua itu perlu kamu tetapkan sebagai target secara terukur. Misalnya nih kamu memasang target dalam waktu enam bulan harus meraih seribu subscriber. Dalam satu konten setidaknya bisa mendapatkan berapa like, komen, dan share, dan seterusnya.

Target sangat penting untuk kamu buat di awal, sekaligus sebagai cara menjadi youtuber yang menghasilkan uang.

Niche Populer Sesuai Kemampuan

Ide Konten Youtube untuk Pemula Paling Sering Ditonton

Niche apa yang bakal kamu tampilkan di channel Youtube? Nah, bukan hanya berdasarkan kemampuan dan minat ya, kamu juga perlu pertimbangkan apakah kira-kira niche tersebut banyak diminati atau tidak.

Contoh beberapa jenis niche popular dan pembahasannya antara lain:

  • Kuliner meliputi review tempat kuliner baru, tutorial cara memasak, dan sebagainya.
  • Fashion meliputi review produk fashion terbaru, tutorial menggunakan produk fashion, dll.
  • Travelling meliputi review tempat wisata, informasi detail cara perjalanan ke tempat wisata, dan lainnya.
  • Gaya hidup seperti misalnya tanaman hias, menata rumah, kebiasaan aktivitas harian, dan sejenisnya.
  • Gaming, mulai dari tutorial hingga rekaman streaming bermain game yang menjadi salah satu niche paling popular saat ini.
  • Teknologi meliputi review produk, tips penggunaan dan perawatan, dan lainnya.

Setelah Anda mendapatkan niche yang tepat maka tentukan juga apa sifat dari konten yang kamu buat. Apakah bersifat mendidik, menghibur, atau mendorong orang untuk melakukan sesuatu.

Menciptakan Karakter Channel yang Khas

Bersaing dengan ribuan channel membutuhkan karakter khas yang dapat membuat orang ingat dengan channel milik kamu.

Gimana caranya menciptakan karakter yang khas dengan channel yang kamu miliki? Misalnya saja dengan membuat setting yang khas, penggunaan bahasa dengan logat tertentu, semacam tagline dan sejenisnya.

Baca Juga:  Cara Login dan Pemutakhiran Data ASN di My SAPK BKN

Bisa kamu mulai dengan menjadi diri kamu sendiri saat membuat konten. Kamu pasti nggak asing dengan podcast seorang Deddy Corbuzier. Tampil dengan gaya bicara yang khas, sifat yang memang dimiliki seorang Deddy justru membuat tampilan kontennya menarik.

Logat juga bisa kamu mainkan untuk membuat orang ingat dengan channel kamu. Misalnya logat bahasa ngapak yang dipopulerkan Sugiono Guplak, terkesan lucu dan membuat orang ingat dengan channel tersebut.

Kamu pasti tak asing dengan tagline ‘asiaap’ milik Atta Halilintar. Sebuah tantangan juga buat kamu apakah bisa membuat tagline lain yang bisa membuat konten kamu popular.

Personal style yang kamu tampilkan juga harus berkarakter. Pernah menyaksikan konten channel milik Alif Rizky? Penampilan Jawa yang khas malah membuat youtuber ini semakin popular.

Setting konten juga penting kamu perhatikan. Mulai dari lighting, property apa saja yang perlu ada. Termasuk kalau misalnya kamu ingin membuat konten gaming misalnya, kamu bisa memilih cara menjadi youtuber tanpa wajah.

Merancang Konten Berkualitas dan Unik

10 Besar Youtuber Indonesia Terpopuler

Sama halnya dengan membuat konten tulisan di mesin pencari, saat akan membangun konten di Youtube pun kamu perlu riset lebih dulu.

Google Trend akan membantu kamu melihat niche yang popular sekaligus menjadi inspirasi untuk konten di channel yang sedang kamu buat.

Cek juga kompetitor yang senada dengan niche yang kamu buat. Kamu bisa cek langsung di social blade. Para kompetitor ini bisa jadi ide untuk kamu membuat konten. Apa yang unik dari tampilan kompetitor, hal tersebut bisa jadi ide untuk kamu merancang konten sendiri.

Kamu juga bisa menggunakan kata kunci yang bisa kamu lihat di Google Trend. Di sini kamu bisa belajar menemukan topik dan kata kunci yang paling diminati.

Ada beberapa jenis konten dengan keunggulan yang berbeda bisa kamu tampilkan dalam channel kamu, antara lain:

  • Kisah inspiratif yang sering kamu lihat di konten-konten selebritis, tokoh, dan sebagainya. Kisah kehidupan, topic masalah popular dan lainnya.
  • Tutorial atau how tu merupakan konten yang banyak dicari orang. Saat ini bahkan kebanyakan orang lebih suka mencari informasi detail melalui youtube yang langsung menampilkan gambar saat mencoba tutorial tertentu.
  • Model listicle, misalnya 5 tempat wisata paling unik dan romantis. Konten ini selain informatif juga bersifat menghibur.
  • Vlog merupakan jenis konten yang cocok kalau kamu sering melakukan travelling atau sengaja melakukan perjalanan untuk berburu konten.
  • Konten gaming juga sangat popular. Cukup dengan streaming bermain game plus tutorial bermain game akan mengundang banyak pengunjung di channel kamu.
  • Cerita komedi yang dirancang sedemikian rupa juga menjadi salah satu jenis konten yang bisa kamu buat.
Baca Juga:  4 Cara Lacak Paket JNE Online: Cepat, Akurat, Anti Ribet

Jenis konten lain seperti unboxing, challenge, cover lagu, review, dan lainnya bisa jadi alternatif pilihan jenis konten yang kamu buat.

Mempersiapkan Peralatan sebagai Youtuber

Ketahui Apa Saja Peralatan Tempur Para Youtuber

Peralatan youtuber pemula yang perlu kamu lengkapi di antaranya mikrofon eksternal, lighting, kamera, aplikasi editing video, tripod, hingga script.

Kalau kamu memang punya niat untuk membangun channel yang profesional, maka peralatan seperti ini sangat penting untuk kamu persiapkan dan memanfaatkan dengan baik.

Selain itu, jangan lupa lakukan hal-hal berikut ini:

  • Menemukan gambar yang sesuai dengan script yang kamu buat.
  • Jangan lupa menggunakan tripod untuk pengambilan gambar yang stabil atau manfaatkan stabilizer  gimbal.
  • Tempatkan posisi kamera yang sesuai dengan angel gambar.
  • Penyesuaian lighting bisa kamu kondisikan dengan warna langit di luar. Kapan langit berwarna biru, berwarna emas, berwarna merah senja atau gelap.

Langkah yang tak kalah penting setelah kelima hal di atas kamu lakukan adalah melakukan promosi channel di media sosial. Bangun interaksi yang kuat dengan pengunjung, membalas komen hingga melibatkan pengunjung dalam pembuatan konten.

Buat tampilan channel yang menarik dan jangan lupa memanfaatkan jaringan sosial kamu untuk subscribe dan mengunjungi channel.

Kamu akan semakin termotivasi membangun channel kalau kamu tahu gambaran penghasilan seorang youtuber. Berapa gaji youtuber 100k subscriber misalnya?

Kamu bisa menggunakan rumus Revenue Per Impression (RPM) dengan rumus berikut sebagai berikut:

RPM= (penghasilan tertaksir/ berapa jumlah tampilan halaman) x 1000

Kesimpulan

Nah, bisa disimpulkan bekal jadi Youtuber meliputi pemahaman konten, kemampuan riset, membangun karakter pribadi, penguasaan dan kelengkapan peralatan, dan promosi.

Cara jadi youtuber di atas perlu kamu praktikkan secara bertahap, sabar, dan telaten. Fokus, serius, dan profesional dalam menjalankannya, kamu bisa melihat bagaimana channel youtube kamu tumbuh seiring waktu.

Info Lainnya
Cara Buka Rekening BRI Online Mudah dan Langsung Aktif
Cara Buka Rekening BRI Online Mudah dan Langsung Aktif

Buka rekening BRI Online adalah cara praktis untuk kamu yang tidak mau repot pergi ke bank. Dengan memanfaatkan teknologi, kamu Baca lebih lajut

Cara Login dan Pemutakhiran Data ASN di My SAPK BKN
Cara Login dan Pemutakhiran Data ASN di My SAPK BKN

Sekarang proses pemutakhiran data ASN bisa dilakukan dengan lebih mudah dan akurat. Semua ASN bisa bisa melakukannya melalui aplikasi yang Baca lebih lajut

9 Cara Mengubah Video Menjadi Audio Tanpa Ribet
9 Cara Mengubah Video Menjadi Audio Tanpa Ribet

Perkembangan teknologi yang canggih membuat pengguna internet kini dengan mudah mendapat konten berupa video maupun audio. Akan tetapi, dalam beberapa Baca lebih lajut

8 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara dengan Mudah
8 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara dengan Mudah

WhatsApp (WA) telah menjadi alat komunikasi yang populer dan paling banyak orang gunakan, utamanya di Indonesia. Namun ada banyak alasan Baca lebih lajut