Cara Hapus Akun Telegram Via Browser dan Aplikasi

Cara Hapus Akun Telegram Via Browser dan Aplikasi

Belum lama ini banyak sekali pertanyaan masuk mengenai cara hapus akun telegram. Ya, pertanyaan itu muncul karena beberapa alasan. Mulai dari adanya rasa bosan harus menggunakan aplikasi yang itu-itu saja. Atau justru setelah lama menggunakan Telegram memang merasa kurang nyaman, sehingga beralih untuk menggunakan aplikasi perpesanan lainnya.

Namun permasalahannya, pengguna Telegram sering kali merasa bingung bagaimana cara menghapus akun Telegram. Sementara, dalam aplikasi memang tidak ada opsi delete account secara langsung yang bisa kamu pilih. Nah, agar kamu tidak semakin bingung, simak artikel ini sampai tuntas ya! Karena kamu akan mengetahui cara menghapus Telegram. Kamu bisa menggunakan aplikasi lain seperti browser maupun aplikasi Telegram itu sendiri.

Cara Menghapus Akun Telegram Via Browser

Sebagai pengguna iOS maupun Android, kamu bisa mencoba menggunakan browser untuk menghapus akun Telegram. Karena aplikasi Telegram memang tidak menyediakan opsi delete account, melainkan hanya menyediakan opsi logout.

Sementara, jika kamu menggunakan browser, akan ada pesan khusus yang memang berisi perintah menghapus akun. Nah, tanpa berlama-lama berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan:

  1. Masuk ke browser yang ada di HP kamu.
  2. Selanjutnya, masuk ke link berikut: Deactivate Telegram.
  3. Masukkan nomor yang telah kamu daftarkan di akun Telegram ke kolom yang tersedia. Pastikan bahwa nomor yang kamu masukkan sesuai dengan kode Indonesia. Jadi yang sebelumnya menggunakan format dengan awalan nomor 08x, ubah menjadi 62.
  4. Setelah itu, cari tombol Next dan klik bagian tersebut. Letak tombol next ada pada bagian bawah kolom.

Hapus akun telegram

  1. Pihak Telegram akan memberikan kode verifikasi melalui notifikasi SMS. Buka pesan dan masukkan kode verifikasi tersebut pada bagian yang tersedia. Selain itu, pastikan juga pada langkah ini nomor telepon yang kamu masukkan kamu aktif agar kode verifikasi bisa terkirim.
  2. Lanjutkan prosesnya dengan cara klik “Sign In”.
  3. Akan ada beberapa pertanyaan “kenapa kamu ingin menghapus akun Telegram”. Tulislah jawaban kamu dengan alasan yang paling relevan (opsional).
  4. Klik “Done” > klik “Yes” > “Delete My Account” yang berwarna merah.
  5. Selesai. Akun Telegram kamu sudah berhasil di hapus.

Jika mendapat pertanyaan “cara tersebut permanen atau tidak?” Ya, Cara menghapus akun Telegram menggunakan browser termasuk cara menghapus akun Telegram permanen.

Itu berarti, nomor kamu sudah benar-benar terhapus dari database Telegram. Sehingga, kamu sudah tidak akan menemukan lagi akun tersebut, walaupun sudah memasukkan nomornya.

Baca Juga:  Cari Tahu Cara Serlok yang Mudah dan Akurat dari Handphone

Keuntungan menggunakan cara ini adalah tidak ada jangka waktu menghapus akun. Jadi, kamu bisa memutuskan sendiri, kapan ingin menghapus akun Telegram.

Hanya saja, kamu perlu memastikan nomor akun yang selama ini terdaftar di akun Telegram dalam keadaan aktif. Jika nomornya tidak aktif, kamu akan sulit untuk melakukan verifikasi sebelum akun Telegram benar-benar terhapus.

Cara Menghapus Akun Telegram Via Aplikasi

Berbanding terbalik dengan cara menghapus akun Telegram via browser yang memungkinkan kamu untuk menentukan sendiri kapan ingin menghapus akun. Cara menghapus akun Telegram via aplikasi tidaklah demikian. Prosesnya lebih slow, tapi pasti.

Ada fitur yang cukup menarik dalam Telegram, yaitu fitur hapus akun secara otomatis dalam waktu beberapa bulan ke depan. Jika kamu sudah jarang aktif berselancar di Telegram, tetapi tidak ingin ribet dan tergesa untuk menghapus akun, kamu bisa menggunakan fitur ini. Selama akun tersebut tidak kamu buka selama beberapa bulan ke depan, maka otomatis akun Telegram akan terhapus.

Berikut langkah-langkah cara menghapus akun Telegram via aplikasi yang bisa kamu terapkan!

  1. Masuk dan jalankan aplikasi Telegram yang telah terinstal di HP kamu.
  2. Klik garis tiga untuk membuka menu.
  3. Masuk ke menu pengaturan Telegram.
  4. Pilih menu privasi dan keamanan.
  5. Gulir ke bawah dan perhatikan bagian “Hapus Akun Saya”. Pada tulisan tersebut, kamu bisa memilih periode waktu penghapusan akun secara otomatis. Selesai.

Setelah langkah-langkahnya kamu terapkan dengan benar, maka akun Telegram akan terhapus sesuai dengan waktu yang telah kamu tentukan.

Misalnya, jika kamu memilih waktu 1 bulan. Jika selama 1 bulan kamu tidak membuka aplikasi Telegram, maka secara otomatis akun tersebut akan dihapus secara permanen.  Mulai dari semua data chat hingga keanggotaan grup yang selama ini kamu punya.

Keuntungan menggunakan cara ini adalah kamu tidak perlu ribet memastikan nomor telepon yang telah terdaftar harus dalam kondisi aktif. Ini karena, kamu tidak memerlukan verifikasi nomor telepon untuk menghapusnya.

Tetapi, akun akan benar-benar terhapus dalam waktu yang lumayan lama, karena kamu harus memilih jangka waktu sesuai pilihan yang ada di aplikasi.

Bisakah Akun yang Telah Terhapus Dikembalikan Seperti Semula?

Sejauh ini, belum ada informasi cara mengembalikan akun Telegram yang sudah berhasil kamu hapus. Hanya saja, jika kamu ingin mengaktifkan kembali Telegram, kamu bisa mencoba mendaftarkan ulang nomor yang sama. Jadi, ibaratnya kamu me-restart Telegram secara manual.

Saat kamu menghapus akun, kamu akan kehilangan segalanya. Jadi, pastikan juga bahwa kamu sudah benar-benar yakin untuk menghapusnya dan terapkan cara hapus Telegram manual dengan benar.

Baca Juga:  Download Game PC Offline Petualangan Terbaik dan Terbaru

Tips Sebelum Menghapus Akun Telegram

Setiap cara pasti ada tips yang bisa menjadi penguatnya. Nah, sama halnya saat kamu ingin menghapus akun Telegram. Agar tidak mengalami penyesalan dalam proses menghapus akun, kamu bisa memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Pastikan Data Terbackup dengan Baik

Pada era digital, data menjadi hal penting bagi banyak orang. Khususnya jika kamu sebagai karyawan suatu perusahaan.Sering kali perusahaan membuat grup Telegram untuk para karyawannya bertukar informasi dan menunjang pekerjaan. Tentu, jika kamu ceroboh menghapus akun begitu saja, banyak file penting yang selama ini kamu butuhkan akan hilang begitu saja.

Pastikan kamu sudah membackupnya terlebih dahulu, sebelum akhirnya klik “Delete Account”. Tujuannya, agar pekerjaan kamu tidak terhambat dan kamu pun tenang melepas si biru (Telegram) yang selama ini mendampingi karier kamu.

Pastikan Nomor Telepon yang Telah Terdaftar Masih Aktif

Jika kamu menghapus akun menggunakan browser, kamu harus memastikan nomor telepon yang terdaftar di akun Telegram masih aktif. Nomor telepon yang aktif berguna untuk melakukan verifikasi sebelum proses menghapus akun berhasil.

Sementara, jika ternyata nomor yang telah terdaftar sudah tidak aktif, kamu bisa menggunakan cara menghapus akun Telegram yang kedua. Kamu bisa menggunakan aplikasi Telegram, memilih jangka waktu penghapusan, dan akun akan terhapus secara otomatis tanpa harus melakukan verifikasi menggunakan nomor telepon.

Semoga artikel cara hapus akun Telegram ini bermanfaat, ya. Meskipun banyak fitur menarik yang ditawarkan, tetapi wajar jika beberapa di antaranya tidak cocok menggunakan aplikasi ini. Yang penting, jangan sampai kamu menyesal setelah menghapus akun, jangan tinggalkan jejak digital yang membahayakan, dan tetap terapkan tips-tips di atas agar kamu lebih tenang.

Info Lainnya
4 Cara Lacak Paket JNE Online: Cepat, Akurat, Anti Ribet
4 Cara Lacak Paket JNE Online: Cepat, Akurat, Anti Ribet

Kamu mungkin pernah merasa cemas mengapa paket tidak kunjung datang juga. Saat berbelanja online di ecommerce, biasanya kamu dapat melacaknya Baca lebih lajut

5 Cara Download Drama Korea Subtitle Indonesia Via HP Gratis
5 Cara Download Drama Korea Subtitle Indonesia Via HP Gratis

Kamu lebih suka nonton Drama Korea via hp atau PC? Nah, kabar baiknya nih buat kamu pecinta drakor, ternyata baik Baca lebih lajut

4 Cara TM Simpati yang Mudah dan Cepat
4 Cara TM Simpati yang Mudah dan Cepat

Simpati merupakan kartu perdana yang memiliki banyak pengguna di Indonesia. Sebagai pengguna simpati, apakah kamu tahu cara TM Simpati yang Baca lebih lajut

Cara Daftar Indihome Online dan Offline Lengkap Syaratnya
Cara Daftar Indihome Online dan Offline Lengkap Syaratnya

Akses internet saat ini jadi kebutuhan utama banyak orang. Mengandalkan paket data ponsel saja jelas tak cukup dan lumayan boros. Baca lebih lajut