Cepat dan Terampil, Cara Ekstrak File Part Agar Menjadi 1 Folder

Rate this post

Cepat dan Terampil, Cara Ekstrak File Part Agar Menjadi 1 Folder

Pekerjaan zaman now seringkali menuntutmu untuk bisa berkolaborasi, bukan? Hal yang sama terjadi sama kamu yang masih sekolah. Ya, kan? Hal ini nih yang memaksamu untuk mengetahui cara ekstrak file part agar menjadi 1 folder.

Apa-apa harus dikerjakan dalam team work dan sharing file. Seru sih! Tapi, terkadang saat harus berbagi file yang berukuran besar, bingung sharing-nya. Ya, nggak, sih?

Biasanya nih, teman satu tim atau kelompok itu menggunakan software, seperti Winrar untuk mengurangi besaran ukuran file. Baru kemudian mengirimkannya melalui email. 

Namun, kompres file dengan software tersebut tidak terlalu mengurangi ukuran file. Salah satu cara lain adalah dengan membagi file ukuran besar tersebut menjadi beberapa part. 

Setelah pemisahan file menjadi part dan sampai ke penerima, mulailah pengunduhan file. Tapi, pengunduhan ini sering menemui beberapa kendala.

Menjengkelkan nggak sih? File besar dipecah, lalu diunduh, kemudian digabungkan lagi. Tetapi, daripada pengurangan nilai atau penerbitan SURAT PERINGATAN? Kamu pilih mana?

Nah, semangat gitu dong! Sebelum membahas cara ekstrak file part agar menjadi 1 folder, ketahui dulu alasan file harus dipisah menjadi file part, agar kamu nggak sebel saat mengunduhnya 🙂

Alasan Pemecahan File Menjadi Beberapa Part

Niat pemilik file saat memisah-misahkan file ukuran besar ke beberapa bagian adalah untuk membantu kamu yang mungkin memiliki beberapa kendala seperti berikut ini:

Hard Drive penyimpanan memori lokal penuh.

Banyak pengguna laptop yang tidak menyadari adanya keterbatasan sisa memori penyimpanan internal di laptopnya. Keterbatasan memori ini menghambat pengunduhan file berukuran besar.

Misalnya, kamu harus berbagi tugas kuliah dengan teman kelompok. Untuk menyelesaikannya, kamu perlu mengunduh sebuah file desain animasi berukuran total 600 MB dari temanmu. Sayangnya, kamu lupa memori di hard drive tinggal 500 MB.

Kamu tanpa memeriksanya, langsung mengunduh file tersebut. Alhasil, pengunduhan yang sudah berlangsung hampir 2 jam, terhenti akibat kurangnya memori.

Andai saja, temanmu membagikan file tersebut secara terpisah. Kamu tidak membuang waktu untuk menanti pengunduhan yang gagal atau corrupted! Seperti menanti jawaban gebetan, tapi akhirnya menolak cinta tulusmu. 

Koneksi internet tidak stabil

Kasus serupa bisa juga terjadi jika tanpa pemisahan file menjadi beberapa part. Bisa jadi, saat sedang mengunduh 10 artikel publikasi untuk tugas esaimu, tiba-tiba internet down.

Paling tidak, pemisahan file menjadi beberapa bagian dapat membantumu mencicil unduhan.

Nggak sabaran!

Untuk kamu yang nggak sabaran, biasanya internet akan lebih pelan saat mengunduh file berukuran besar. Terlebih, jika kecepatan download di Indonesia berada di nomor 2, dari bawah, se-ASEAN!

Kecepatan Internet Indonesia

Cara Ekstrak File Part 

Setelah mengetahui alasan harus memecah file menjadi beberapa part, tiba waktunya kamu mengetahui cara mengunduh dan menjadikan 1 folder. 

Winrar

Cara Ekstrak File Part Agar Menjadi 1 Folder Menggunakan WinRar

WinRar, Software ini sudah tidak perlu dijelaskan lagi sepertinya. Hampir semua pemilik komputer/PC atau laptop, sudah familiar dengan yang satu ini. Namun, mungkin kamu tetap perlu mengetahui cara ekstrak file dengan WinRar ini:

  • Cari dan bukalah File Explorer. Pastikan semua folder yang akan diekstrak berada di 1 folder yang sama. Jangan sampai ada bagian dari file part yang hilang.
  • Jangan lupa untuk menginstal WinRar yang terbaru.
  • Jika semua persyaratan sudah dipenuhi, silakan klik kanan pada seluruh part file dan pilih “Extract here’. Pastikan kamu sudah berada pada folder yang kamu ingin tempati.
  • Setelah selesai pengekstrakan, periksa file satu per satu. Jika ada file yang corrupted, langsung hubungi pemilik file. Biasanya penyebabnya adalah kesalahan pada saat pemisahan file atau saat pengekstrakan.

7Zip

7Zip

Software lain yang juga bisa membantu sharing file dalam parts adalah 7Zip. Perbedaan mendasar dari kedua software ini adalah pada harga dan kecepatan kompresi/ekstraksi. WinRar memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan 7Zip. 

Tentu saja, hal ini sebanding dengan harga pembelian WinRar. Sedangkan, 7Zip adalah software open source yang berada di bawah lisensinya GNU LGPL

Sebagai pengguna 7Zip, kamu bebas memodifikasinya dan penggunaannya juga gratis, baik untuk usaha maupun kepentingan pribadi.

Nah, cara ekstrak file part menggunakan 7Zip dapat melalui langkah-langkah berikut ini:

  • Download dulu ya 7Zipnya, jika kamu tidak bisa menemukannya, klik di sini. File-nya gratis dan sangat kecil, hanya 2MB.
  • Kumpulkan file part ke dalam 1 folder, kemudian pilih dan klik kanan. Pilihlah ‘Extract here’. 
  • Setelah proses selesai, kamu bisa menemukan file yang utuh pada folder tersebut.
  • Berikut adalah contoh pengekstrakan dengan menggunakan 7Zip:

HJ-SPlit

HJ-SPlit

Software yang bisa membantumu menggabungkan file part adalah HJ-Split. Unduh di sini, jika kamu ingin mencobanya, hanya 190kB. Selain bisa menggabungkan file, HJ-Split juga bisa untuk memecah file utuh menjadi parts.

Berikut ini adalah cara ekstrak file part dengan HJ-SPlit

  • Setelah kamu instal HJ-Split, buka software, dan pilih ‘Join’ pada interface bagian depannya.
  • Pastikan semua file part yang ingin kamu gabungkan sudah berada pada 1 folder. Pilih semua file dan klik ‘Open’.
  • Setelah itu, klik ‘Start’ dan tunggulah hingga proses selesai.
  • Proses selesai jika ada pemberitahuan ‘Joining Complete’. 
  • Berikut ini adalah contoh hasil penggabungan file. File yang sudah utuh berada di 1 folder.

Command Prompt/CMD tanpa software

Jika kamu tidak punya satu pun dari software di atas, kamu masih bisa menggabungkan file part ke dalam 1 folder. Berikut cara ekstrak file part dengan CMD

  • Siapkan dulu file yang ingin kamu ekstrak. 
  • Akses Command Prompt-nya sekarang. Caranya, klik Start dan langsung ketikkan ‘cmd’ atau klik ‘Ctrl+R’.
  • Setelah windows CMD terbuka, ketikkan alamat direktori ke perintah berikut ini: 

set path=”D:\New Folder”

  • Kemudian, tekan ‘Enter’.
  • Setelah itu, tentukan nama file utuh mengikuti file part yang sudah ada atau nama apa pun yang kamu pilih.

copy/b nama_file_part.ekstensi.* nama_file_utuh.ekstensi

  • Berikut ini adalah contoh perintah pada window CMD:

Command Prompt CMD tanpa software

Zip Android

Baca Juga:  Simple, Begini Cara Logout WiFi id Melalui HP dan Laptop

Zip Android

Terakhir, jika seluruh software dan window CMD tidak bisa membantumu, kamu bisa mencoba cara terakhir, yaitu mengekstrak file part dengan zip android pada ponselmu.

  • Tentu saja, langkah pertamamu adalah mengunduh aplikasi Zarchiver atau Rar ke ponselmu, baik di Play Store ataupun dari iOs App Store.
  • Buka aplikasi dan pilih file yang ingin kamu ekstrak. 
  • Kemudian, tekan file hingga muncul tanda centang di samping kiri nama file. Lalu, klik tanda ekstraksi. 
  • Tentukan lokasi penyimpanan dan klik ‘OK’.
  • Selesai! Mudah sekali, bukan?

Demikian beragam cara ekstrak file part agar menjadi 1 folder. Semoga dapat membantumu dalam berkolaborasi dengan team work ataupun mengerjakan tugas bersama kelompokmu. Sukses selalu!

Info Lainnya
6 Cara Mudah Berhenti Berlangganan Indihome
6 Cara Mudah Berhenti Berlangganan Indihome

Apakah kamu merupakan pelanggan IndiHome dan sedang mencari tahu cara berhenti berlangganan IndiHome? Yuk, cari tahu berbagai cara mudah yang Baca lebih lajut

Cara Membatasi Pengguna WiFi: 4 Metode anti Lemot
Cara Membatasi Pengguna WiFi: 4 Metode anti Lemot

Internet kamu lemot? Ini saatnya untuk belajar cara membatasi pengguna WiFi di rumah! Kamu pasti paling memahami bahwa kebutuhan akan Baca lebih lajut

Cara Hapus Akun Zoom, Paling Simple
Cara Hapus Akun Zoom, Paling Simple

Aplikasi Zoom, aplikasi video call dan video conference yang lagi tren dengan jutaan pengguna telah dipercaya banyak perusahaan besar sebagai Baca lebih lajut

Apa itu Whatsapp GB? dan Fitur Apa yang Dimiliki
Apa itu Whatsapp GB? dan Fitur Apa yang Dimiliki

Pada 2 Februari 2021, WA GB masuk jajaran trending topik Indonesia. Hal itu ternyata merujuk pada WhatsApp GB, salah satu Baca lebih lajut